MENU
icon label
image label
blacklogo

Sepilihan Motor Custum Antarbenua, Mana yang Paling Menarik?

MAR 29, 2021@09:00 WIB | 442 Views

Dunia pemilihan motor kembali dimulai, kali ini ada beberapa pilihan diantaranya  Triumph Bobber dari Beijing, rig sespan dari merek Prancis Mash, Royal Enfield dari Bali, dan film sepeda motor baru dari Australia.

Custom Triumph Bonneville Bobber oleh Mandrill Garage.

Triumph Bonneville Bobber oleh Mandrill Garage Bobber merupakan hit penjualan dengan kinerja dan penanganan yang baik. Selain itu, hal ini merupakan salah satu sepeda dengan tampilan paling 'khusus' namun tidak menghentikan pembangun sesekali untuk melakukannya.

Bengkel yang bergabung adalah Mandrill Garage berada di Beijing dan dijalankan oleh Luo Hao. Bukan hanya untuk modifikasi tapi Luo memberikan Bobber tampilan depan bergaya girder yang benar-benar kustom.

Luo mengatakan jika generasi berpendingin air dari Triumph jauh lebih baik dari sebelumnya sedangkan pada rangka, mesin, dan detailnya semuanya bagus, tapi terlalu sempurna sehingga tidak ada yang tersisa  untuk dimodifikasi karena sulit untuk membuat kustom. 

Kembali ke mas lal membuat Luo dan kru memberi Bobber getaran hardtail tahun 1930-an. Alasan itu dilakukan untuk merancang dan membangun front end baru dengan kejutan modern. Faktor pendukung lainnya adalah setelah pencarian internet untuk pengaturan aftermarket berkinerja tinggi terbukti kurang membuahkan hasil.

Setelah itu Luo membongkar sepeda dan mengecat ulang atau menyempurnakan hampir setiap bagian, dan meningkatkan banyak komponen lainnya menggunakan satu kali CNC. Hasilnya dia dapat mempertahankan rem aslinya, tetapi memasang rakitan filter udara bergaya vintage, switchgear baru, pencahayaan baru, dan lencana jadul.

Kinerja dari Luo merupakan transformasi yang sederhana dan dinilai dengan baik, apabila sepeda melaju dengan kecepatan tinggi dapat membuat beberapa orang berpikir itu benar-benar klasik. Sebuah karya cerdas dari seorang pembangun yang pantas untuk lebih dikenal di luar negara asalnya. 

Mash Side Force 400 layaknya Ural, tapi sebenarnya bukan. Kami sejenak tertipu juga, tetapi meskipun ada getaran sespan dan militer, rig yang agak menarik ini berasal dari Prancis daripada Rusia. Ini didasarkan pada Mash Désert Force yang dijual di Eropa tahun lalu, edisi terbatas, single berpendingin udara 397cc bertema militer yang dijual hanya dengan € 4.995.

Sebagai sebuah merek, Mash telah bertahan kurang dari sepuluh tahun, tetapi menyebabkan riak di Eropa. Sepeda ini sebenarnya dibuat oleh Shineray di Cina, dan harga yang menarik disesuaikan dengan konsep yang menarik. X-Ride Classic, misalnya, menggunakan mesin dari NX650 Dominator tetapi lebih mirip Yamaha XT500.

Untuk Side Force 400, Mash telah meningkatkan mesin Désert Force hingga 445cc dan 29 hp, dan menambahkan pendingin oli ekstra dan gigi mundur. Bobot kering diklaim 342 kg [753 pon], yang sedikit lebih dari Ural 749cc berpenggerak satu roda. Pesaing Siberia ini juga mengeluarkan sekitar tiga tenaga kuda lagi dari mesinnya.

The Side Force awalnya dihargai € 10.999, kini menjadi sekitar $ 13.000. Namun jika dijual di AS menjadi $ 2.500 lebih murah dari model dasar Ural cT. Bagaimanapun, itu bagus untuk melihat pasar sespan berkembang. Bukankah luar biasa jika BMW, Royal Enfield atau Triumph memasuki persaingan dengan versi roda tiga dari kembar bergaya retro mereka sendiri? 

Dua Royal Enfield baru dari Smoked Garage bertemu dengan Nicko Eigert dari Smoked, baru saja membuat 'pelacak papan neo' Harley untuk pertunjukan monster Suryanation Motorland di Jakarta. Tetapi Smoked mampu untuk membangun lebih cepat dengan anggaran lebih rendah dan menjaga arus kas tetap sehat.

Kedua desain akan diproduksi terbatas, dengan pilihan warna yang berbeda. The Himalayan [atas] mendapat unit kursi baru dengan rak bagasi terintegrasi di belakang, sistem pembuangan aliran bebas untuk tenaga ekstra, panel samping bergaya track datar, kaca depan profil rendah dan ban menonjol.

Kedua sepeda ini hadir dengan cat baru dan lencana edisi bernomor, dan harus terjangkau oleh banyak pengendara sepeda motor Indonesia.

“Inspirasi kami adalah menciptakan sepeda motor yang mendorong pengendara untuk keluar dan keluar dari lockdown dan layar komputer selama setahun,” kata Nicko. Itu adalah sentimen yang bisa kami dapatkan. [dev/asl/timBX]

Tags :

#
motor custom,
#
motor custom pilihan,
#
triumph bobber,
#
royal enfield