MENU
icon label
image label
blacklogo

Sepeda Motor Terkecil di Dunia ini Pernah Masuk Rekor Dunia

JUN 11, 2020@10:54 WIB | 373 Views

Mungkin ini eranya, dimana semua benda yang selalu kita gunakan, semakin lama semakin kecil. Lihat saja BlackPals, ponsel dahulunya besar, kini ada yang diproduksi dengan ukuran lebih kecil. Kemudian komputer kini berukuran yang cukup sebesar sebuah ponsel saja. Bahkan kini, sepeda motor pun ada yang diproduksi sangat mini. Smaltoe, sepeda motor satu ini hanya berukuran 2,5 inci dan pernah diakui oleh Guinness World Records.

Memang motor satu ini tak cocok untuk digunakan sehari-hari. Smaltoe ini digagas oleh pria asal Swedia, Tom Wiberg, yang dibuat pada tahun 2003 lalu. Sebelumnya ia juga pernah membuat sepeda motor berukuran sangat besar dengan nama Big Toe. Sebenarnya timbul dalam benaknya untuk merakit sepeda motor dengan roda kereta api. Namun ia ingin mencoba sesuatu hal baru, yaitu membuat seperda motor terkecil.

Dimensi kendaraan pun diluar nalar, dengan tinggi 2,5 inci, wheelbasenya hanya 3,14 inci dan bobot hanya 2,4 pon. Tak hanya itu, roda yang digunakan pun hanya berdiameter satu inci dengan korek api yang digunakan untuk stang motor.

Tak sampai 1 Hp, hanya 0,3 Hp tenaga yang dihasilkan, menggunakan mesin RC berbahan bakar etanol yang biasa digunakan untuk kebutuhan aeromodeling. Motor dengan satu silinder ini menyalurkan tenaga ke roda belakang dengan menggunakan roda gear langsung. Jika digunakan dengan orang dewasa, motor ini hanya bisa berjalan 2 km/jam. Selain itu penggunanya juga wajib menggunakan sepatu khusus, yang menghubungkan dengan tumpuan kaki untuk motor ini. [prm/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
autonews,
#
sepeda motor,
#
smalltoe,
#
guinness world records