MENU
icon label
image label
blacklogo

Self-Driving Cars Bakal Disisipi Teknologi Sensor LiDAR

NOV 19, 2020@13:00 WIB | 231 Views

Self-Driving Cars merupakan mobil berteknologi tinggi yang memiliki kemampuan mengemudi sendiri. Nah, agar mobil yang bisa mengemudi sendiri dapat mendeteksi apa yang ada di sekitarnya, seperti orang, benda, atau mobil lain, ini bergantung pada berbagai sensor. Salah satu teknologi sensor tersebut adalah LiDAR terkenal yang sudah tertanam pada beberapa perangkat, termasuk pada seri iPad Apple yang terbaru dan juga seri iPhone 12 Pro, dan sepertinya Apple sekarang akan menggunakan teknologi itu dan menerapkannya pada sistem mobil self-driving.

Hal  tersebut didasarkan dengan paten yang ditemukan oleh Patently Apple, di mana mereka menemukan bahwa Apple mencari untuk menggunakan perangkat LiDAR yang dibangun di belakang kaca depan kendaraan yang dapat digunakan untuk membantu memetakan jalan di depannya, membuatnya sempurna untuk situasi di mana mungkin terlalu gelap, atau untuk membantu mendeteksi orang, hewan, atau benda di depannya sehingga ia tahu kapan harus mengerem.

Seperti yang kami katakan, teknologi LiDAR sudah digunakan oleh perusahaan yang membuat dan menguji mobil tanpa pengemudi, jadi teknologi ini bukanlah suatu hal baru. Namun, penerapan teknologi oleh Apple dengan menempatkannya di belakang kaca depan adalah hal yang unik. Kami mengatakan semacam itu karena Patently Apple benar-benar menemukan sebuah perusahaan bernama XeomatiX yang bekerja dengan pembuat kaca depan, AGC, untuk mengembangkan sesuatu yang serupa.

Kami belum yakin tentang bagaimana paten Apple pada Self-Driving Cars ini akan bekerja di dunia nyata, terlebih mengingat ini hanya sebuah paten, tetapi ini  tentunya akan sangat menarik untuk bisa melihat bagaimana Apple menggunakan teknologi sensor LiDAR, tidak hanya di ponsel atau tablet, tetapi juga di mobil-mobil potensial pada masa yang akan datang nanti. [inn/asl/timBX]

Tags :

#
self-driving cars,
#
teknologi sensor lidar,
#
mobil otonom,
#
patently apple,
#
lidar