MENU
icon label
image label
blacklogo

Selain Veloster, Hyundai Bawa Nexo dan Sonata di SEMA 2019, Apa Saja Keuggulannya?

OCT 28, 2019@20:00 WIB | 1,168 Views

Wilayah Utah Bonneville Salt Flats dinobatkan sebagai  Temple of Speed.  Lantaran danau garam beku seluas 103,6 km2 ini  biasa digunakan untuk menguji kemampuan meluncur untuk semua jenis mobil, sekaligus membuat rekor kecepatan darat. Kali ini pengujian dilakukan oleh pihak Hyundai dengan dua kendaraan yang sangat tidak proper. Sebuah SUV  dengan sel bahan bakar hidrogen Hyundai Nexo dan sebuahn sedan Sonata Hybrid yang tidak begitu sporty siap diuji. Akan tetapi masing-masing kendaraan nantinya hanya mencetak rekor di Bonneville dalam kategorinya masing-masing.

Hyundai Nexo mencapai 170 kpj pada danau beku, yang diklaim Hyundai sebagai rekor untuk kendaraan berbahan bakar sel.  Untuk memecahkan rekor, Hyundai Nexo telah dimodifikasi untuk faktor keselamatan. Hyundai dilengkapi roll cage, sistem pencegah kebakaran, dan kursi Sparco dengan harness enam titik. "Under bumper aero valance" juga ditambahkan untuk meningkatkan aerodinamika, menurut Hyundai.

Sedangkan untuk  Sonata 2020 juga telah didesain ulang, Sonata Hybrid mencapai  kecepatan 265 mph di Bonneville, cukup untuk rekor di kelas mobil, menurut Hyundai.  Sedan Sonata hybrid ini menerima modifikasi lebih banyak daripada Nexo. Mesinnya disetel untuk dijalankan konsumsi bahan bakar balap, dan dilengkapi dengan header knalpot khusus dan sistem nitro oksida(NOS). Suspensi dan bannya khusus untuk kecepatan darat, dan mobil itu dilengkapi dengan penutup roda Moon Disc. Seperti Nexo, Sonata juga dilengkapi dengan roll cage, enam poin harness, dan sistem pemadaman kebakaran.

Ini bukan pertama kalinya Hyundai membawa green car ke Bonneville.  Sebelumnya tahun 2016, sebuah Hyundai Ioniq Hybrid mencapai kecepatan 253 kpj, menetapkan rekor untuk mobil hybrid berbasis-produksi. Namun kali ini keceaptan tersebut dipatahkan Sonata Hybrid. Disisi lain, Hyundai juga telah mengembangkan versi baterai-listrik dari hatchback Veloster untuk balap sirkuit.

Nexo dan Sonata Hybrid telah mencatatkan rekor ini bakal dipajang di acara SEMA 2019 di Las Vegas. Hyundai juga akan menghadirkan Veloster versi off-road ke SEMA, pameran dagang terbesar industri aftermarket otomotif. Hyundai Nexo saat ini dijual di wilayah California saja, karena itulah satu-satunya negara dengan stasiun hidrogen yang cukup. Harapkan Sonata Hybrid yang didesain ulang untuk diluncurkan di Amerika Serikat dalam beberapa bulan mendatang bersama 2020 Sonata versi gasoline, yang telah ditambahkan teknologi hemat bahan bakar, dalam bentuk variable valve duration engine, yang menurut Hyundai akan meningkatkan efisiensi .[Ahs/timBX]

Tags :

#
hyundai veloster,
#
hyundai sonata,
#
sonata hybrid,
#
hyundai nexo,
#
sema 2019