MENU
icon label
image label
blacklogo

Sejarah Terulang, XR750 Ini Kembali ke Tangan Kreatornya

APR 16, 2021@10:00 WIB | 241 Views

XR750 merupakan motor dirt track yang diproduksi Harley-Davidson pada tahun 1970. Cukup banyak motor kustom yang terinspirasi dari XR750 buatan Harley-Davidson, namun motor yang digarap Costa Mouzouris jauh lebih menarik karena dibangun pada 1995 silam dengan paduan mesin Sportster.

Awalnya, motor ini dibangun untuk pelanggannya, tetapi kembali setelah 25 tahun terpisah. Setelah membeli balik dari pelanggan, Costa langsung merestorasi XR750 tersebut agar kembali perform.

Perbaikan rangka asli XR750 tersebut menjadi pekerjaan awal, hal itu karena motor buatan tahun 1972 itu memiliki beberapa kerusakan.

Kemudian peningkatan juga dilakukan pada mesin Harley-Davidson Sportster XLH883 1986 yang tersemat pada motor tersebut, dengan cara bore-up dan menggunakan piston baru yang membuat motor menjadi 1.200 cc.

Lalu dilakukan modifikasi silinder head menjadi twin spark plug dan dipasang pengapian single Dyna dan karburator S&S Super G.

Untuk exhaust system, XR750 tersebut menggunakan neck 2into1 high-mounted kustom yang ditambahkan muffler SuperTrapp.

Pada kaki-kaki, front end dan pengereman tetap menggunakan yang orisinil, tetapi kali ini produk Koni diandalkan untuk suspensi belakang.

Sedangkan untuk kedua roda disematkan velg palang aluminium berukuran 19 inci dan 18 inci masing-masing, menggantikan velg jari-jari yang orisinil.

Untuk bodi motor, tangki Sporster yang telah dimodifikasi menjadi lebih ramping dipasang dan dikombinasikan dengan ekor aftermarket khusus XR750. Pada bagian kokpit juga terdapat perubahan dengan tampilan minimalis, menggunakan setang camar yang memiliki panel instrument kecil dengan mempertahankan gaya street legal karena adanya lampu-lampu modern.

Di akhir, warna putih dan hitam disematkan pada bodi motor agar tampil lebih elegan. Alhasil, XR750 tampak lebih bagus sejak kembali ke Costa Mouzouris. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
harley-davidson,
#
xr750,
#
costa mouzouris,
#
motor kustom,
#
motor custom