MENU
icon label
image label
blacklogo

Sejarah Mercedes-Benz GLS, The Luxury Sports Utility Vehicle (Part 2)

MAY 09, 2020@11:00 WIB | 202 Views

Mercedes-Benz GL Generasi Kedua: Kelanjutan dari Kemewahan Off-Road

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, bobot kendaraan generasi kedua GL-Class – yang diperkenalkan pada 2013 - telah berkurang sebanyak 90 kg dengan penggunaan metode konstruksi ringan yang ekstensif. Ini termasuk penggunaan aluminium yang ringan namun tahan lama untuk bagian kap mesin dan spakbor. Penghubung suspensi depan dan belakang juga terbuat dari alloy yang ringan. Ini memberikan keunggulan dua kali lipat: Di sisi satu, bobot yang lebih rendah mengurangi kebutuhan energi, dan di sisi lain dapat juga memberikan kenyamanan dalam berkendara karena unsprung mass yang lebih rendah. Pengurangan berat lainnya berada di kaca depan akustik baru, magnesium cross beam pada dashboard, sistem BlueTEC dengan teknologi SCR atau komponen seperti electric power steering baru, rem parkir listrik, dan engine support plastik.

Interior GL: Terbaik untuk kapasitas tujuh orang. Selain sensasi berkendara yang sangat nyaman dengan fitur berkendara dinamis yang luar biasa baik di jalan yang rata maupun di medan yang sangat tangguh, GL-Class memanjakan penumpangnya dengan interior yang memenuhi standar first class dari sedan mewah. Hingga tujuh penumpang dapat menikmati tempat duduk yang luar biasa. Elemen trim yang menggunakan berbagai jenis kayu atau aluminium, tombol-tombol menggunakan krom perak dan pelapis bahan kulit buatan ARTICO atau kulit Nappa dilengkapi dengan jahitan dekoratif dengan warna kontras yang menggarisbawahi kesan berkualitas tinggi secara keseluruhan.

Konfigurasi kursi 2-3-2 memberikan kesan ruang lebih luas. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, penumpang juga memiliki lebih banyak ruang dibagian siku, bahu, serta bagian kepala di semua baris kursi. Sebagai standar fitur kendaraan, kursi di baris ketiga juga dapat dilipat secara otomatis. Inovasi lainnya adalah sistem EASY-ENTRY untuk mengakses kursi baris ketiga dari kedua sisi kendaraan - dengan kontrol listrik opsional.

Serangkaian mesin tersedia. Kedua mesin BlueTEC, GL 350 BlueTEC 4MATIC dan GL 500 4MATIC BlueEFFICIENCY (320 kW / 435 dk) dengan BlueDIRECT supercharged direct injection ke mesin bensin yang memberikan efisensi dan performa yang luar biasa. Konsumsi bahan bakar GL 350 BlueTEC 4MATIC mencapai 7,4 liter diesel per seratus kilometer yang merupakan sekitar 20 persen lebih irit dibandingkan generasi sebelumnya. Dengan perubahan model, series GL diperkaya oleh versi AMG untuk pertama kalinya. Di high-performance SUV GL 63 AMG, mesin AMG 5.5 liter V8 Biturbo memberikan performa puncak 410 kW (557 dk) dan torsi maksimum 760 Nm. GL 63 AMG berakselerasi dari nol hingga 100 km / jam dalam 4,9 detik; dengan kecepatan tertinggi mencapai 250 km / jam (dibatasi secara elektronik).

Eksterior baru yang dinamis dan interior mewah yang diperbaharui menggarisbawahi karakter GLS yang mengesankan. Dengan pengumuman model facelift di tahun 2015, para desainer telah mengadaptasi full-size luxury SUV ke dalam idiom desain baru Mercedes-Benz dan pada saat yang sama diperkenalkan nomenklatur baru seperti yang kita kenal sekarang: GLS. Untuk eksterior, fokusnya adalah pada desain ulang pada bagian depan kendaraan, sedangkan bagian belakang juga telah diperbaharui terutama di bagian bumper dan lampu belakang. Yang terlihat jelas di bagian interior adalah panel instrumen yang didesain ulang dengan Media Display yang telah semi-terintegrasi, konsol tengah yang dimodifikasi dengan system touchpad serta warna dan trim yang baru.

Karakter yang mengesankan: penampilan GLS. Front end baru meningkatkan tampilan visual dari GLS. Gril radiator baru yang lebih vertikal dan lebih luas serta bumper dengan aksen yang kuat dengan perlindungan underbody berwarna krom menghilangkan garis-garis horizontal yang menonjol pada generasi sebelumnya. Hal tersebut memberikan penamiplan kendaraan yang jelas dan lebih khas. Pada gril radiator baru, transisi logo bintang-sudut-tiga terlihat sangat mulus menuju ke kedua louvres horizontal dan dengan demikian menekankan nilai daya tarik dan garis-garis di bagian depan. Detail ini adalah ciri khas semua model SUV dari Mercedes-Benz. Penataan lampu depan modern meminjam dari series GLE, GLE Coupé, dan GLC SUV yang diperkenalkan pada tahun yang sama. Kap mesinnya memiliki dua power domes dan menyoroti penampilan GLS yang kuat.

Keselamatan maksimum untuk tujuh penumpang. Sejumlah fitur keselamatan aktif dan pasif meringankan beban pengemudi dan melindungi penumpang GLS. Sistem bantuan pengemudi yang dipasang sebagai standar termasuk Collision Prevention Assist Plus, Crosswind Assist dan Attention Assist. Selain itu, standar di GLS juga adalah sistem PRE-SAFE®, BAS Brake Assist, sistem traksi all-wheel drive elektronik 4ETS, ESP® dengan Curve Dynamic Assist, cruise control dengan pembatas kecepatan variabel Speedtronic dan fungsi bantuan kemudi Steer Control.

Mesin V6 dan V8 yang canggih. Semua mesin GLS baru mempunyai kinerja yang lebih baik, dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit. GLS 500 4MATIC menggunakan mesin direct-injection V8 biturbo yang menghasilkan 335 kW (455 dk), lebih besar dari 320 kW (435 dk) yang diproduksi model sebelumnya, dan torsi puncak sebesar 700 Nm. Ini menggabungkan kinerja yang luar biasa dengan penyempurnaan tingkat tinggi dari mesin ini. GLS 400 4MATIC menggunakan mesin direct-injection V6 biturbo dan menghasilkan tenaga 245 kW (333 dk) dan torsi 480 Nm. Model top-of-the-line Mercedes-AMG GLS 63 4MATIC dilengkapi dengan tenaga mesin sebesar 430 kW (585 dk) dan torsi puncak 760 Nm.[prm/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
autonews,
#
mercedes-benz,
#
sejarah,
#
mercedes-benz gls,
#
suv,
#
daimler