MENU
icon label
image label
blacklogo

Sejarah dan Inspirasi Pembuatan Logo McLaren

MAY 09, 2018@08:30 WIB | 724 Views

Logo mobil sering memiliki sejarah yang menarik seperti mobil yang mereka tampilkan. Misalnya saja bentuk logo bundar BMW, Kuda Jingkrak Ferrari dan lambang Porsche. Tapi tahukah Anda soal bentuk logo McLaren?

(Banyak versi soal bagaimana bentuk logo McLaren berasal)

Itulah pertanyaan yang coba kami bahas jawabannya. Setidaknya ada tiga penjelasan. Salah satunya adalah cerita "resmi", yang mewakili vortisitas yang berasal dari sistem aerodinamika mobil mereka, hembusan angin yang bergerak dari belakang. Dan mungkin ada inspirasi dari situ, tetapi yang jelas bukan untuk keseluruhan cerita.

Cerita kedua. Bentuknya berevolusi dari dua ikon masa lalu McLaren: logo Marlboro dan burung kiwi. Perusahaan tembakau itu sebagian besar bertanggung jawab untuk membawa perusahaan Ron Dennis dan Bruce McLaren bersama-sama membentuk tim balap F1 yang kita kenal sekarang.

(Logo McLaren terpampang juga pada lampu dan fascia mobil)

Dan perusahaan tersebut tetap menjadi salah satu sponsor utamanya selama bertahun-tahun. Logo swoosh itu tampak seperti evolusi lambang chevron Marlboro, meskipun tidak seorang pun dari perusahaan yang mau mengakui hal itu. Apalagi sejak Marlboro hijrah ke Ferrari.

Cerita yang lainnya adalah logo burung kiwi yang dipakai Bruce McLaren pada semua mobilnya. Burung kecil yang tidak bisa terbang ini juga lambang nasional di Selandia Baru. Dan tahukah Anda, bahwa Bruce McLaren adalah pria kebangsaan Selandia Baru yang lahir di Aukland 13 Agustus 1937 silam.

(Ada yang mengatakan logo McLaren berasal dari burung Kiwi)

Banyak versi soal logo tersebut berasal. Mungkin mereka mengambil elemen dari masing-masing cerita tersebut. Yang jelas logo tersebut semakin populer di kalangan pecinta otomotif dunia, lantaran kiprahnya di industri otomotif. (alx/timBX)

Tags :

#
logo mclarean,
#
sejarah dan inspirasi pembuatan logo mclaren

RELATED ARTICLE