MENU
icon label
image label
blacklogo

Seberapa Jauh Kenal sama BMW Alpina, Cek Beberapa Model Alpina Klasik

MAR 19, 2021@14:00 WIB | 466 Views

Perkembangan teknologi industri khusus mobil menjadi sesuatu yang selalu baru. Tapi, coba kita pahammi seberapa banyak kita mengetahui tentang BMW Alpina? Ternyata ada perlu menelurusi dengan lebih dalam dengan hal itu.

Kemungkinan ada yang mengira kalau ini hanya perusahaan tuning aftermarket, ternyata bukan begitu faktanya. Alpina Burkard Bovensiepen GmbH & Co.KG atau Alpina Automobiles merupakan pabrik sendiri yang diakui oleh Kementerian Transportasi Federal Jerman dengan sistem ketat.

Sietem ini terjadi karena Alpina bekerja sangat erat dengan BMW dan mobil yang benar-benar terintegrasi ke dalam lini produksi BMW sendiri daripada menjadi aftermarket. Contohnya adalah B7 diproduksi pada jalur perakitan BMW di Dingolfing dengan mobil standar perusahaan. Namun yang membingungkan pada divisi M BMW sendiri, jika tidak ada yang lain karena B7 dianggap sebagai M7 yang sebenarnya tidak dibuat oleh BMW sendiri.

Secara tidak langsung dapat disimpulkan jika Alpina tertanam dalam struktur korporat BMW karena kemungkinan diperoleh tanpa benar-benar menjadi anak perusahaan yang lengkap, sudah ada sejak lama serta memiliki sejarah yang cukup serius.

Namun, bila dilihat kembali Alpina sebenarnya membuat mesin ketik, tetapi operasi pendiriannya gagal pada tahun 1965 oleh seorang pria bernama Burkard Bovensiepen, seorang anggota keluarga industrialis Jerman yang sukses sehingga Alpina dapat dikenal dan dicintai.

Awal mulanya, Alpina hanya dikhususkan untuk mengutak-atik karbohidrat BMW dan kepala silider pada Karbohidrat Weber di tahun 1970 dengan memberikan semacam fondasi motorsport yang penuh rasa hangat dan kabur pada mobil jalan cepat.

Bukan hanya itu, Alpina didesain mulai dari E21 30S dengan hanya 121bhp dan 130b ft pada pertengahan 70an hingga M3 mirip B6 2.8s. Berdasarkan E21 3231 dengan 215bhp di tahun 1981. Sedangkan yang terakhir adalah mesin diesel turbo bertenaga BMW.

Sejak saat itu, BMW sudah menyetel dan menyesuaikan hampir pada semua model untuk menambahkan tenaga dan kinerja. Namun selalu berhasil untuk tetap relatif halus dan sangat bisa dilalui. Ini merupakan sebuah perusahaan bulat yang tidak hanya mengejar tenaga kuda utama.

Secara lebih detail, paduan 20-spoke dan cat biru tetap menjadi penanda untuk perusahaan yang luar biasa dan sedikit di bawah radar. Tetapi pada umumnya adalah produsen mobil untuk penggemar dan penikmat daripada pembalap. [dev/asl/timBX]

Tags :

#
bmw alpina,
#
tuning aftermarket,
#
bmw