MENU
icon label
image label
blacklogo

Seat Automobiles Kembangkan Teknologi 'Anti Ngantuk' Untuk Pengemudi

MAR 09, 2020@12:00 WIB | 262 Views

Pabrikan otomotif asal Spanyol, SEAT kini sedang meneliti dan mengembangkan teknologi kecerdasan buatan untuk pengemudi. Teknologi ini nantinya bisa memantau pengemudi jika terjadi kelelahan, sehingga lebih meningkatkan keselamatan di jalan. Tim Xplora SEAT, bersama dengan Eyesight Technologies, sedang mengembangkan teknologi canggih yang mempelajari gerakan mata dan kepala pengemudi untuk mendeteksi apakah mereka tertidur atau mulai mengantuk. Teknologi ini menggunakan algoritma yang menganalisis mata, sudut penglihatan, kecepatan kedip dan posisi kepala pengemudi.

Mengenai cara mendeteksi bahwa pengemudi mengantuk, atau tertidur, SEAT akan menanamkan sensor yang akan menimbulkan peringatan. Teknologi ini juga dapat mengidentifikasi pengemudi dari perjalanan sebelumnya dan menyesuaikan kursi, cermin, pengaturan pemanas dan fitur kabin lainnya sesuai dengan preferensi pribadi mereka. Selain itu,  perangkat lunak akan dapat mendeteksi pejalan kaki dan menganalisis apakah pengemudi juga melihatnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa gangguan dan kelelahan pengemudi adalah salah satu bahaya terbesar di jalan, dan setidaknya 36% tabrakan lalu lintas jalan diakibatkan kelelahan pengemudi.

SEAT juga bekerja bersama Gauzy, yang sedang mengembangkan teknologi kaca aktif yang beradaptasi dengan kondisi cuaca. Teknologi ini bisa membuat pengemudi menggelapkan kaca kendaraan, namun masih dalam batas hukum yang wajar. Lebih lanjut, Gauzy memudahkan pengemudi untuk menggelapkan kaca, untuk menghindari cahaya matahari, dan membuat kaca bening ketika kondisi cuaca menjadi gelap.

“Secara total lebih dari 90 persen kecelakaan di Eropa disebabkan oleh faktor manusia. Alasan utamanya termasuk gangguan akan alat komunikasi dan kelelahan, kecepatan yang berlebihan dan alkohol serta obat-obatan. Di SEAT kami sedang mengerjakan solusi untuk mencegah kelalaian di belakang kemudi dan secara signifikan mengurangi kecelakaan di jalan. Kami bermitra dengan beberapa perusahaan paling cerdas di dunia pada teknologi penting untuk keselamatan pengemudi, karena visi jangka panjang kami adalah menciptakan dunia dengan nol kecelakaan,” kata Stefan Ilijevic, kepala inovasi Produk di SEAT.

Tim Xplora SEAT mencari perusahaan inovatif yang mengembangkan teknologi mobil yang terhubung dan layanan mobilitas pintar. Eyesight Technologies, yang berbasis di Tel Aviv, Israel, menggunakan visi komputer canggih dan kecerdasan buatan untuk meningkatkan keselamatan jalan raya. SEAT meluncurkan Xplora dengan Champion Motors, yang merupakan importir merek Volkswagen Group di Israel, dan dalam dua tahun telah bekerja dengan lebih dari 200 bisnis.

"Konsentrasi perusahaan-perusahaan berkembang ini menjadikan Tel Aviv salah satu pusat inovasi global termudah untuk mencari solusi yang meningkatkan mobil dan layanan kami," kata Aitor Aizkorreta, kepala riset SEAT di Israel.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
seat automobiles,
#
seat xplora,
#
artificial intelligence