MENU
icon label
image label
blacklogo

Sean Gelael Kibarkan Merah Putih di di Le Mans World Endurance Camphionship bersama tim Jota

AUG 23, 2021@12:55 WIB | 179 Views

Pembalap asal Indonesia Sean Gelael berhasil mencetak sejarah pada FIA World Endurance Championship 24 Hours of Le Mans. Sean menjadi pembalap pertama asal Indonesia yang meraih podium di balapan legendaris yang berdurasi 24 jam ini.

Skuad Belgia melakukan debut mereka yang sangat mengesankan di LMP2, ketika Louis Deletraz, Robert Kubica dan Ye Yifei yang memakai No.41 memimpin dari "saudara" mereka yang memakai No.31, Robin Frijns, Ferdinand Habsburg dan Charles Milesi. Namun, Yifei Ye berhenti di lap terakhir meninggalkan Frijns untuk mengambil alih pimpinan di No.31 Oreca. Akan tetapi, lebih banyak aksi menyusul, karena Frijns terpaksa mempertahankan diri dari mobil JOTA No.28 milik Stoffel Vandoorne, Tom Blomqvist, dan Sean Gelael yang berada tepat di belakang. Keduanya dipisahkan oleh hanya 0,7 detik, ketika bendera finis dikibarkan dengan Blomqvist siap untuk menang tetapi akhirnya hanya berada di urutan kedua.

Tampil bersama dengan tim JOTA, Sean bersama dengan pembalap asal Belgia, Stoffel Vandoorne dan pembalap asal Inggris, Tom Blomqvist. Sean Gelael mendapat suntikan support dan sponsor dari KFC Indonesia, Pertamina dan BNI, dan mengendarai mobil bernomor 28 dan berhasil menyelesaikan balapan yang sangat menguji ketahanan ini di posisi kedua di kategori balapan kelas LMP2.

Keberhasilan Sean Gelael finis di posisi kedua menjadi sesuatu yang lebih istimewa, karena ini adalah penampilan perdana Sean di FIA World Endurance Championship 24 Hours of Le Mans. Sean juga dipercaya dan diberi kehormatan menjadi pembalap pertama di tim Jota untuk melakukan start dengan mengendarai mobil bernomor 28 ini.

Sebenarnya, tim JOTA Sean Gelael memulai balapan dari posisi ketujuh. Namun, setelah melakukan balapan yang sangat sengit mereka bisa merangsek naik ke posisi kedua dan hanya terpaut sekitar 0,727 detik dari pembalap tim WRT di peringkat pertama. Posisi ketiga kelas LMP2 ditempati pembalap tim Panis Racing.

"Saya sungguh tidak menyangka bisa mengakhiri debut 24 Hours of Le Mans dengan kebahagiaan seperti ini. Terima kasih untuk semua yang telah mendukung saya selama ini,", kata Sean yang mengangkat bendera sang saka merah putih ke atas podium sebagai simbol hadiah untuk merayakan HUT RI yang ke 76. 

tim JOTA pertama kini berada di puncak klasemen LMP2 secara keseluruhan tetapi mereka hanya unggul satu poin dari WRT di tempat kedua, dan di peringkat Ketiga adalah mobil JOTA kedua, terpaut tujuh poin dari Tim WRT. Entri No. 22 United Autosports USA sekarang berada di urutan keempat dalam poin. [era/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
sean gelael,
#
jota,
#
le mans world endurance championship