MENU
icon label
image label
blacklogo

Sarolea N60 MM 01, Sportbike Elektrik Penakluk BMW R Nine T 163 bhp

JUL 05, 2019@20:00 WIB | 1,868 Views

Akselerasi dari 0-100kpj cukup 3 detik

Mighty Machines (MM) meluncurkan motor listrik berkemampuan seperti superbike, dengan menyematkan nama Sarolea N60 Emotorcycle.  Secara kemampuan mesinnya didukung oleh motor electric beraliran DC, berpendingin udara, dan mampu meluncur 100kpj hanya dalam 3 detik.  Dan karena kemampuan N60 yang luar biasa, patut disejajarkan sebagai sportbike electric.

“Dengan basic mesin yang dikembangkan brand Sarolea, N60 dibangun untuk balapan TT Zero pada Isle of Man yang dimainkan oleh dua pebalap Torsten dan Bjorn Robbens,” tutur salah satu perwakilan Mighty Machines.  Menyandang nama N60 MM 01, pihak MM membocorkan bahwa motor elektrik tersebut dikembangkan untuk balap TT Isle of Man yang sudah digelar sejak Juni 2015.

Sebenarnya N60 dikembangkan untuk penggunaan jalanan umum, namun Sarolea mengembangkan N60 tetap dengan basic performance yang mumpuni.  Itu cukup beralasan karena dikembangkan berdasarkan DNA TT Zero yang sudah menjadi sebuah kelas tersendiri di balap TT Isle of Man.

Komposisi N60 terdiri dari baterai yang dikembangkan berdasarkan penelitian dan bahan khusus. Sehingga motor tetap ringan, dan itu dibantu dengan bahan body yang terbuat dari serat karbon secara menyeluruh. Termasuk bagian monoshok dan  swingarm yang dibuat dari bahan karbon yang cukup ringan. Beberapa part dibuat dari almunium dan titanium pada sasisnya.

Sedangkan part-part lain seperti indikator dan footpeg digunakan merek Rizoma.  Bila dibandingkan dengan BMW R Nine T, berat N60 hanya 215 kg atau hanya beda 7 kg dari scrambler BMW tersebut. Semua motor listrik yang menjadi persoalan adalah seberapa jauh jangkauannya. Dengan sekali pengisian penuh dapat menempuh jarak 330 km, cukup mengesankan untuk sebuah motor listrik.

Bila harus head to head  dengan Livewire milik Harley Davidson,  hanya dapat menempuh 180 km di jalanan lurus.  Dan N60 lebih dari sekedar itu mampu melakukan pengisian paling cepat. Untuk mendapatkan muatan energy hingga 80% hanya membutuhkan waktu 20 menit saja. Lantas seberapa besar kemampuan mesinnya untuk menjadikan N60 sepadan dengan sportbike?

Kemampuan dapur pacunya menghasilkan 163 bhp dan torsi 450 Nm dari roda belakang. Kemampuannya melebihi BWM R Nine T dengan gap 53 bhp, dan torsi yang 4 kali lebih banyak dihasilkan.  Powernya yang galak, tidak menghilangkan faktor keamanan. Pasalnya N60 telah dilengkapi artificial intelligence yang dikembangkan oleh WAIZU.

Kemampuan handlingnya ditopang oleh suspense depan dan belakang buatan Ohlins. Sedangkan system pengeremannya dilengkapi dengan caliper Beringer Aerotec.  Faktor kaki-kaki dikombinasikan dengan velg OZ  dan dikawinkan dengan ban Dunlop Sportsmart TT yang cukup lengket di aspal.

Pengembangan N60 tidak hanya dirumuskan oleh Mighty Machines dan Sarolea. Ada pihak lain yang bekerja bersama enginer, desainer, software development dan marketing. Mereka antara lain Hedon, Studio Blade, dan Café Costume.  Rencananya hanya diproduksi 20 unit, dengan harga mencapai 69.999 euro atau mencapai Rp1,108 miliar, dari jumlah tersebut 20% diantaranya telah terjual. [Ahs/timBX]

Tags :

#
sportbike electric,
#
sarolea,
#
sarolea n60 mm 01,
#
tt zero isle of man

RELATED ARTICLE