MENU
icon label
image label
blacklogo

Sang Penyelamat! Cafe Racer Honda CX500 dari Buenos Aires

FEB 09, 2021@09:00 WIB | 457 Views

Honda CX500 telah menjadi pilihan populer untuk proyek kustom. Tapi sulit untuk 'benar', seperti yang disadari oleh pabrikan sepeda Patricio Germano. Saat tiba di bengkelnya, CX500 ini sudah dikerjakan ulang — tetapi sangat membutuhkan perombakan.

Patricio menjalankan bengkel Invader Cycle Company dari San Martín, di wilayah metropolitan Buenos Aires, Argentina. Invader sebagian besar merupakan proyek yang dilakukan oleh satu orang, tetapi Patricio mendapat bantuan dalam proyek ini dari temannya, Martin Neme.

Keahlian Patricio adalah choppers dan bobber, tapi dia senang bekerja dengan gaya rancangan apa pun — bahkan cafe racer yang apik seperti ini. Mengapa? “Wah, karena roda dua,” jelasnya. “Dan saat pelanggan memberi saya kebebasan untuk melakukan apa yang saya inginkan, saat itulah hasil terbaik terlihat. Karena sepeda motor akhirnya terlihat seperti 'utuh'.”

Model CX500 1979 ini dipesan untuk beberapa pekerjaan penyelamatan ringan, tetapi pekerjaan itu segera melonjak. “Motornya telah dimodifikasi sebelumnya,” katanya, “klien ingin memperbaiki beberapa masalah mekanis, dan mengubah subframe dan jok. Tapi kemudian dia memutuskan ingin mengulang semuanya.”

Patricio lebih suka membuat sepeda motor dari awal, tetapi klien ingin mempertahankan setidaknya sebagian dari stok CX500. Jadi Patricio memutuskan untuk memfokuskan energinya pada perubahan yang lebih halus.

“Saya ingin membuat sesuatu yang klasik,” katanya, “tetapi dengan sedikit cita rasa teknologi. Jadi saya menggunakan barang-barang Motogadget yang sangat halus, dan tidak keluar dari motor saat Anda melihatnya. Jadi saat Anda melihat motornya, Anda melihat sesuatu yang klasik, tetapi saat Anda mulai memperhatikan detailnya, Anda memperhatikan hal-hal teknis.”

Patricio benar-benar merancang sesuatu yang klasik, berkat beberapa teknik yang cerdik. Dia menyimpan tangki stok atas permintaan klien, tetapi mengangkatnya sedikit di belakang untuk meratakannya. Kemudian dia membuat subframe baru, dengan penutup belakang hand-shaped sebagai pelengkap.

Unit jok muncul untuk menampilkan kotak listrik yang dibuat khusus, dan dapat ditukar dengan jok yang ramah penumpang, bersama dengan pasak pembonceng yang dipasang dengan baut. Tempat pelat nomor terlihat seperti bagian yang tidak dapat dipajang, tetapi sebenarnya dibuat khusus — dibuat dari bagian yang dipotong laser, dan dirancang agar dapat dilipat.

Honda ini tidak hanya berpotongan siluet klasik, tapi juga memiliki jurus yang flawless. Patricio memasang satu set garpu dan kuk Suzuki Hayabusa, setelah memangkas tanda pengecoran dari tripel bawah dan melapisi serbuk set hitam. Sepasang shocks piggyback Öhlins membuat barang-barang tersangga di belakang.

Roda-rodanya 16”unit dari Harley-Davidson, dengan bagian belakang yang sangat dimodifikasi untuk bekerja dengan penggerak poros Honda. Kaliper rem Tokico depan berasal dari 'Busa juga, tetapi dilucuti, dicat hitam, dan dipasang kembali dengan perangkat keras baja tahan karat dan garis baru. Rem belakang merupakan pengaturan NOS Brembo vintage, dan rotor di kedua ujungnya dibuat khusus.

Menerapkan rencana aslinya, Patricio memasang kabel Honda di sekitar smörgåsbord dari Motogadget. Dia memilih pengontrol mo.unit berkemampuan Bluetooth mereka, dan memasang baterai Li-Po baru dan pengatur tegangan MOSFET bersamanya.

Di kokpit terdapat penghitung kecepatan Motogadget, pengapian tanpa kunci, pegangan, sakelar, dan kaca spion bar-end. Patricio membuat penjepitnya sendiri dari penjepit Hayabusa, sehingga dia bisa menjalankan kabel internal. Lampu depannya merupakan unit JW Speaker dari Cognito Moto, dan ada satu set lampu sein Motogadget serta lampu combo LED di bagian belakang.

Sentuhan khusus lainnya termasuk penutup radiator aluminium baru, dengan layar honeycomb, dibuat oleh Hidden Custom. Knalpot adalah cone terbalik klasik dari GD Motocicletas, dan kotak udara telah ditukar dengan sepasang filter K&N. Buenos Aires Choppers menangani tugas penyetelan, untuk memastikan semua perubahan berjalan bersama dengan baik.

Dengan segala sesuatu di tempatnya, CX500 dilucuti sehingga rangkanya bisa dipanaskan dan dilapisi serbuk. Patricio mengerjakan bagian-bagian yang lebih kecil dengan satin hitam, dan mengganti semua perangkat keras dengan barang-barang baja tahan karat.

Kustom Planet menangani pekerjaan cat hitam yang indah, sementara Only Custom Seat menangani pelapis. CX500 ini merupakan cafe racer yang proporsional sempurna dengan sikap “killer”, dan bagian-bagiannya yang dinilai dengan baik. Lumayan untuk pekerjaan penyelamatan. [mhd/asl/timBX]

Tags :

#
honda cx500,
#
motor custom,
#
cafe racer honda cx500,
#
cafe racer,
#
buenos aires