MENU
icon label
image label
blacklogo

Sama-Sama Balap Motor, Apa Perbedaan Antara MotoGP dan WSBK?

JUN 15, 2022@15:30 WIB | 313 Views

MotoGP dan FIM Superbike World Championship (WSBK) adalah dua ajang balapan sepeda motor utama di dunia saat ini. Keduanya menyajikan aksi balapan yang memukau dan masing-masingnya punya basis fans yang loyal di seluruh dunia. Kedua seri tersebut diatur oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) dan kedua seri tersebut wajib mengikuti rangkaian peraturan teknis yang ditetapkan oleh Dorna, badan pengatur FIM.

Kedua balapan motor ini tampak mirip, dengan pembalap papan mengendarai motor balap di sirkuit balap terbaik di seluruh dunia dalam multi stop. Walau sama-sama berlaga di atas motor, MotoGP dan WSBK punya perbedaan pada spesifikasi sepeda motor, anggaran, tim, dan jalannya balapan. Perbedaan-perbedaan ini menghasilkan dua jenis balapan yang sangat berbeda di antara keduanya.

Seperti apa perbedaan antara MotoGP dan WSBK? Berikut ini adalah 4 perbedaan antara MotoGP dan WSBK:

1. Anggaran tim

Tidak diragukan lagi, anggaran MotoGP jauh lebih tinggi daripada Superbike. Di MotoGP, sebuah tim dapat mengucurkan anggaran sebanyak yang mereka mau untuk motor, pengujian, peralatan, staf, dan lain-lain. Tidak seperti di WSBK, di mana anggaran sebuah tim untuk biaya rider, dan riset serta pengembangan bisa dikatakan lebih terbatas jika dibandingkan dengan MotoGP.

2. Sepeda motor

Meskipun terlihat sama, sebenarnya motor yang berlaga di MotoGP dan WSBK punya spesifikasi yang sangat berbeda. Motor yang berkompetisi di WSBK pada dasarnya adalah motor produksi massal yang tersedia di pasar. Sebaliknya, motor yang berlaga di MotoGP adalah motor balap yang dibuat khusus dan tidak tersedia untuk umum.

Ini berarti motor MotoGP dibuat khusus dari awal dengan penggunaan bahan berteknologi tinggi seperti serat karbon, titanium dan magnesium dan lebih cepat karena tidak ada limiter pada mesin.

Jika bisa dibandingkan, MotoGP dapat dikatakan setara dengan Formula Satu, sedangkan WSBK sama dengan balapan mobil sport atau balap mobil touring.

3. ECU dan perangkat lunak motor

Sejak 2016, semua motor MotoGP harus dilengkapi dengan ECU (Engine Control Unit) dan paket perangkat lunak yang sudah ditetapkan untuk menjaga agar kompetisi tetap adil. Di WSBK, setiap tim yang berlaga boleh menggunakan merek ECU dan perangkat lunak apa saja yang akan digunakan, namun dengan limiter yang telah ditentukan.

4. Musim balap

Musim MotoGP jauh lebih lama dari musim WSBK, dengan sembilan belas putaran internasional yang berlangsung dari awal Maret hingga akhir November. Sedangkan balapan WSBK hanya berlangsung sebanyak tiga belas putaran internasional, yang berlangsung dari pertengahan tahun hingga akhir Oktober setiap tahunnya. [fdlh/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
motorsport,
#
motogp,
#
wsbk,
#
formula 1,
#
le mans 24 hours,
#
honda,
#
ducati,
#
yamaha,
#
aprilia,
#
suzuki