MENU
icon label
image label
blacklogo

Saat Fitur Idling Stop Tidak Berfungsi Optimal, Pastikan Langkah Berikut Ini

JUN 03, 2020@12:44 WIB | 96 Views

Fitur idling stop atau dikenal idling stop system (ISS) menjadi fitur motor Honda baik matic atau non matic, salah satunya berfungsi untuk mengurangi emisi gas buang dan tentunya solusi penghemat BBM, output terbesarnya, kinerja mesin lebih efisien ditengah kemacetan seperti kota Jakarta.

Sementara untuk kondisi normal, berikut tahapan yang harus BlackPals lakukan.

Fitur ISS ini aktif berfungsi mana kala kita menyalakan motor Honda dengan menggunakan starter elektrik. Bila menggunakan kick starter fitur ini tidak berfungsi. Jadi nyalakan mesin dengan elektrik starter, bila kondisi aki motor Anda benar-benar sehat.

Untuk mengaktifkan fitur ini, bisa dimulai saat akan menyalakan mesin, pastikan tombol ISS disebelah kanan stang dalam posisi idling stop. Lihat indikator pada tachometer, bila lampu hijau menyala, ini menandakan fitur ISS dapat bekerja sesuai fungsinya. 

Saat lampu indikator menyala, Vehicle Speed Sensor bekerja dengan mengirim sinyal ke ECU/ECM, mengendalikan  fitur ISS.Jalankan motor dengan kecepatan mencapai 10 kpj lebih. Saat motor berjalan pastikan putaran mesin sudah melebih 1600-1700 rpm +/-100. 

Setiap motor Honda telah dibekali teknologi Engine Coolant Temperature (ECT) Sensor, jika selama mesin menyala, dan temperatur mesin melebihi 60 derajat Celcius, fitur ISS dipastikan mulai beroperasi secara total. 

Saat kendaraan melaju dan melewati lampu merah, mulailah berhenti dengan mengurangi kecepatan, hingga benar-benar berhenti, dan itu berarti posisi throttle benar-benar tertutup. Nah ISS juga berfungsi saat minimal kondisi motor benar-benar dalam keadaan diam minimal selama 3 detik. Durasi tersebut kemudian dibaca oleh vehicle speed sensor dan throttle position sensor. Tak lama, kemudian lampu indikator akan berkedip, memastikan fitur ISS motor honda Anda berfungsi baik. 

Saat lampu lalu lintas mulai menandakan warna hijau, sudah waktunya Anda menarik tuas gas meski dengan tarikan smooth. Atas fitur ISS ini, Honda mengklaim penggunaan bahan bakar 7% lebih hemat, berdasar metode ECE R40. Atas fitur ISS Honda berapa pengujian seperti pada Vario Techno 125 CBS ISS, konsumsi bahan bakarnya meningkat tajam, 1 liter mencapai 76,1 liter dalam sebuah acara fun riding.

Namun ada kalanya, fitur ISS motor Honda anda tidak berfungsi, padahal motor Honda telah di servis, dengan kondisi sebelum di servis idling stop berfungsi normal, seperti pada varian PCX atau ADV.  Yang harus kita lakukan adalah reset Diagnostic Trouble Code (DTC) dan setting altitude atau mode, pastikan tidak ada kode dtc yang tersimpan di ECM/ECU, setting mode pada mode1, setelah itu kita cek idle screw, idle screw ini adalah baut plastik berwarna hitam yang berada di throttle body berfungsi untuk mengatur rpm pada posisi stasioner, seperti keterangan di atas rpm mesin harus 1500rpm+-100. Selamat Mencoba BlackPals.[Ahs/timBX]

Tags :

#
honda motor,
#
astra honda motor,
#
idling stop system,
#
aktivasi fitur idling stop,
#
idling stop tidak berfungsi