MENU
icon label
image label
blacklogo

S-Presso Sang Crossover Udah Dibekali Fitur Canggih

AUG 01, 2022@21:03 WIB | 466 Views

Desas-desus pengganti Suzuki Karimun Wagon R semakin terlihat dekat menuju detik launchingnya. Meski Karimun Wagon R tetap menjadi andalan ekspor, Suzuki Indomobil Sales bakal menggantinya sebuah mini SUV, dengan kubikasi mesin 1000cc berkode mesin K10C. Rencananya bakal tampil di GIIAS 2022 nanti.

Bila Karimun Wagon berkode mesin K10B dengan tenaga 67hp, mesin 998cc K10C penggantinya juga menghasilkan tenaga mirip 66 hp dan torsi 89 Nm.  Tapi sayangnya, pengganti Karimun Wagon bukanlah produksi SIS, melainkan buatan Suzuki Maruti, India. Konsumsi bahan bakarnya juga lumayan seperti pendahulunya, 1 liter 24.12 km/l untuk manual dan 25,3 km/l untuk transmisi otomatis. 

Suzuki Maruti memberi nama S-Presso, mini SUV dengan 5 seater, dengan dimensi panjang 3565 mm, lebar 1520mm, tinggi 1553 - 1567mm, dan wheelbase 2380 mm, dan karakter SUV dengan ground clearance 180 mm (mirip IGNIS), menggunakan 5 pintu, salah satu karakter untuk SUV yang sedang laris di market domistik. Kabarnya sudah bisa diinden melalui marketing Suzuki, melalui postingan yang beredar di sosial media.

Bila dibandingkan SUV Suzuki, Jimny JB-74, postur S-Presso memang cukup bongsor. Ground Clearance keduanya beda 30 mm, menggunakan penggerak roda depan, dan pilihan 2 transmisi, MT dan AGS. Sistem pengereman depan sudah ventilated disk dan belakang tipe drum, menggunakan suspensi depan MacPerson Strut dengan coil spring, dan  suspensi belakang Torsion Beam dengan coil spring. Dimensi roda mirip mengunakan ring 13 untuk tipe MT dan ring 14 untuk tipe VXI MT dan VXI AGS.

Body luar Suzuki S-Presso cukup mewakili sebuah crossover atau mini SUV. Terutama  dengan gaya lampu front Fascia dengan grille ala Jeep. Bumper tebal mengambarkan sosok yang gagah dan warna yang berbeda dengan body.

Ruang interiornya juga cukup energik, gaya instrumen dynamic centre console. Posisi mengemudi yang tinggi, mampu membuat view berkendara makin baik. 

Gaya entertainment cluster bulat mirip Mini Cooper. SmartPlay Studio dengan touch screen infotainment system. Versi tertingginya sudah dilengkapi Apple Car Play dan Android Auto, termasuk tombol untuk Audio dan voice control.

Nah berapa fitur keamanan yang disematkan seperti advanced hill hold assist and ESP, ABS plus EBD dan rear parking assist sensor.  Fitur lain yang mendukung seperti speed alert system, pedestrian protection,  child proof rear door lock, speed sensitive auto door lock, central door locking, dual airbag, pretensioner, low fuel warming, door ajar warning dan parking brake warning. 

Terkait bocoran harga untuk tipe manual Rp154 jutaan dan tipe matic Rp164 jutaan, dengan minimum downpayment Rp35 juta, dan potongan DP.[Ahs/timBX]

   

Tags :

#
suzuki s-presso,
#
suzuki maruti,
#
suzuki indomobil sales,
#
crossover,
#
mini suv