MENU
icon label
image label
blacklogo

Rover Mini Swap Engine Kawasaki Ninja ZX-10R, Just Insane

AUG 22, 2020@19:00 WIB | 337 Views

Ubahan pada mobil memang tak ada batasnya, mulai dari ubahan eksterior, interior, mesin hingga swap engine. Tak berhenti di-swap engine sesama mobil, bahkan beberapa modifikator ekstrem kerap memasang mesin motor pada mobil, keren.

Beberapa waktu lalu kita sempat mendengar jika ada sebuah Fiat 126 ditenagai dengan mesin Honda CBR1000RR, atau bahkan yang lebih gila, mobil Honda Beat dengan mesin Suzuki Hayabusa. Mungkin dari luar tak kelihatan, namun mendengar suara mesin motor keluar dari sebuah mobil memang unik.

Nah, tampaknya modifikasi gaya ini sedang naik di mana baru saja kita menemukan ada Rover Mini 1981 yang dibangun oleh British Columbia AMT Machine Shop. Mobil ini dibekali dengan mesin Kawasaki Ninja ZX-10R tahun 1990. Ya memang, mesin orisinal Mini 1970-1980 empat silinder segaris dan 1000cc, jadi secara ukuran tak terlalu berbeda dari ZX-10R.

Walaupun dari sizing dan kapasitas mirip-mirip, kita bisa jamin suara yang dikeluarkan Mini ini sangat berbeda. Dengan mesin tersebut, Mini ini bisa mencapai 175 hp. Lebih dari sekedar swap, Adam dan kru juga memindahkan posisi mesin ke belakang tempat duduk pengendara yang lantas mengorbankan jok belakang.

Lonjakan tenaga mesin lalu disalurkan ke penggerak roda belakang. Tim juga menurunkan suspensi serta melebarkan jarak sumbu roda untuk menambah grip. Transimisi sequensial tetap terpasang namun kendalinya telah diubah menjadi gear selector. Workshop ini juga menggunakan instrument cluster dari Ninja yang sudah tentu sangat kompatibel dengan mesin. [leo/timBX]

Tags :

#
swap engine,
#
over mini swap engine,
#
kawasaki ninja zx-10r,
#
kawasaki,
#
honda cbr1000rr