MENU
icon label
image label
blacklogo

Robot Pengisi Daya Mobil Volkswagen Hampir Menjadi Kenyataan!

JAN 08, 2021@09:00 WIB | 273 Views

Droid R2-D2-style dirancang untuk mengisi daya mobil secara otomatis saat diparkirkan. Volkswagen telah mempratinjau robot pengisian daya, mendekati produksi yang rencananya akan digunakan pada tahun 2021 yang akan membantu meningkatkan infrastruktur pengisian daya kota.

Berdasarkan konsep pabrikan mobil yang diluncurkan tahun lalu, video baru yang dirilis minggu ini menunjukkan bagaimana Volkswagen berencana menggunakan pasukan kecil droid pengisian otonom untuk berkeliaran di sekitar tempat parkir dan jalan-jalan mencari mobil yang membutuhkan pengisian ulang.

Dikembangkan oleh Volkswagen Group Components, prototipe robot pengisian daya bergerak pertama, yang dijuluki “battery wagons”, dapat dipanggil baik melalui aplikasi di tempat parkir atau secara otomatis melalui hardware komunikasi mobil-ke-mobil di dalam kendaraan.

Kepala pelayan robo yang imut kemudian mengambil tender baterai dan menariknya ke kendaraan yang perlu diisi.

Setelah tiba di tempat aman, battery wagons secara otomatis membuka tutup pengisi daya dan menyambungkan unit pengisi daya sebelum kembali ke pangkalan untuk melayani kendaraan lain.

Setelah mobil diisi, robot kembali, mencabutnya dan menarik unit pengisi daya kembali untuk diisi ulang.

Untuk membantunya menavigasi jalan atau tempat parkir bertingkat, robot kecil ini dilengkapi dengan pemindai laser dan ultrasonik.

Tidak ada kabar tentang kapasitas pengisi daya produksi, tetapi konsep tender dikatakan mampu menyimpan hingga 25kWh energi yang memungkinkan pengisian cepat 50kW DC dengan tingkat pengisian yang sama dengan banyak pengisi daya saat ini.

Setelah diluncurkan, Volkswagen mengharapkan beberapa robot akan melayani setiap tempat parkir, terutama di tempat parkir mobil tua yang sempit yang tidak mungkin ditingkatkan dengan titik pengisian sulit.

Berbicara tentang peluncuran, VW mengatakan saat ini robot pengisi daya sedang dalam tahap pengujian prototipe dan berada di jalur untuk rilis terbatas pada awal 2021.

Mengomentari menjelang pengenalan pengisi daya 2021, Thomas Schmall CEO Volkswagen Group Components, mengatakan: "Infrastruktur pengisian daya di mana-mana adalah, dan tetap, merupakan faktor kunci dalam keberhasilan mobilitas listrik." [mhd/asl/timBX]

Tags :

#
robot pengisi daya mobil,
#
volkswagen,
#
droid r2-d2-style