MENU
icon label
image label
blacklogo

Rilis Volvo EX90 Ditunda Hingga 2024, Ini Sebabnya

JUL 24, 2023@17:49 WIB | 273 Views

EX90, SUV listrik dari Volvo yang dijadwalkan diluncurkan pada tahun 2023, telah ditunda hingga tahun depan dengan pengiriman AS diharapkan pada kuartal ke-3.

Volvo telah mengungkapkan bahwa alasan di balik penundaan enam bulan SUV EX90 all-electric baru-baru ini adalah karena kompleksitas perangkat lunak dari sistem LiDAR canggihnya.

EX90 bukan mobil produksi pertama yang menggunakan LiDAR, ini adalah Volvo pertama dengan teknologi tersebut. CEO Volvo Cars Jim Rowan mengkonfirmasi selama panggilan pendapatan terbaru merek bahwa "kompleksitas kode perangkat lunak" yang terkait dengan sistem keselamatan canggih adalah alasan "penundaan lima atau enam bulan".

“Kami sendiri yang membuat banyak perangkat lunak [itu],” katanya. “Kami ingin memastikan bahwa saat pertama kali memasukkan lidar ke dalam safety stack kami… beroperasi sebagaimana mestinya.”

LiDAR yang digunakan oleh Volvo bersumber dari startup sensor self-driving Luminar Technologies . Sistem ini merupakan bagian dari paket pemantauan jalan raya EX90 yang juga mencakup kamera, radar, dan sensor ultrasonik, dan dikatakan mampu mendeteksi pejalan kaki hingga jarak 820 kaki (250 meter).

Luminar juga memasok perangkat lunak Sentinel kepada produsen mobil tersebut, meskipun hal ini perlu diintegrasikan dengan perangkat lunak dalam mobil EX90.

“Perbedaan yang dapat dibuat oleh lidar untuk keselamatan di kehidupan nyata sangatlah luar biasa,” kata Rowan kepada Auto News . “Penelitian menunjukkan bahwa menambahkan lidar ke mobil dapat mengurangi kecelakaan dengan hasil yang parah hingga 20 persen, dan penghindaran tabrakan secara keseluruhan dapat ditingkatkan hingga 9 persen.”

Volvo akan membangun EX90 di pabriknya di Ridgeville, South Carolina. Sementara rencana awal meminta produksi dimulai pada akhir 2023, sekarang telah diundur hingga pertengahan 2024. Meski terlambat memasuki pasar, mantan bos Volvo Americas Anders Gustafsson yakin EX90 akan menjadi EV terlaris merek tersebut di Amerika Serikat. [wic/timBX].

Tags :

#
volvo ex90,
#
ex90 ditunda,
#
lidar ex90