MENU
icon label
image label
blacklogo

Ricardo Tormo: Grand Prix Terakhir Penentu Mir atau Bagnaia Rebut Juara Kedua 2021

NOV 11, 2021@12:05 WIB | 612 Views

Sirkuit Ricardo Tormo Valencia menjadi seri penutup MotoGP 2021 pada 14 November 2021. Nama-nama pebalap seperti Marc Marquez, Pol Espargaro, Franco Morbidelli, Dovizioso, Alex, dan Jack Miller dalam 3 tahun terakhir sering mengisi podium 1, 2, 3 dan 4. Artinya pabrikan yang unggul di sirkuit Honda, Yamaha, Ducati, Suzuki dan KTM bakal bertarung mematahkan sirkuit sepanjang 4 kilometer ini.

Sirkuit yang dibangun pada tahun 1999 ini memiliki layout lima tikungan ke kanan, 8 tikungan ke kiri, serta trek lurus yang hanya 876 meter. Lebar sirkuit yang kecil, membuat pembalap saling beradu skill untuk saling berebut kans di deretan terdepan. Dominasi mesin Ducati dengan 6 pembalapnya, Honda 4 pembalap, Yamaha 4 pembalap bakal melawan 2 pembalap Suzuki serta keempat pembalap KTM. 

Tim Suzuki bakal bertarung mati-matian memperebutkan juara dunia kedua, bersaing dengan Francesco Bagnaia setelah pertarungan keduanya (Mir dan Pecco) di MotoGP Portiamo pada 7 November ini. Karena sirkuit Ricardo Tormo adalah Sirkuit paling pendek setelah Sachsenring. Dan track record kecepatan seluruh kalender motoGP yang pernah digelar, kecepatan terendah hanya 157 km/jam.

Kelebihan sirkuit Ricardo Tormo adalah bentuknya yang oval. Tribun penonton yang dibangun tinggi membuat seluruh tikungan yang ada bisa dilihat langsung oleh penonton, seru bukan BlackPals. Kapasitas penonton juga cukup dahsyat, ada bangku penonton sekitar 120 ribu dan itu sebuah kapasitas lapangan bola pada umumnya.

Beberapa momentum penting pernah terekam di sirkuit ini. Karena itulah menjadi alasan Dorna mengapa sirkuit ini ditaruh diakhir gelaran, dan bisa disaksikan oleh ratusan ribu pasang mata. Tahun 2006 perebutan juara dunia antara Nicky Hayden yang mengalahkan Rossi dengan poin tipis. Berlanjut dengan tahun 2013 duel antara Marquez dengan Lorenzo dimenangkan oleh Lorenzo, namun juara Dunia tetap si Baby Alien. 

Berlanjut di tahun 2015 Valentino Rossi sang Legenda bertarung dengan Lorenzo dengan juara dunia jatuh ke pembalap Spanyol tersebut.  Sementara Marquez juga merebut juara dunia dari Dovizioso, saat Dovi crash di depan Marquez. Bagimana keseruannya, kita saksikan nanti pada 14 November 2021, hujan atau terik menjadi bagian penting saksi perebutan podium juara dunia kedua. [ahs/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
motogp 2021,
#
motogp valencia,
#
ricardo tormo