MENU
icon label
image label
blacklogo

Restomod ala Italia Alfa Romeo GT Junior Ini Jadi Sedan Full Elektrik 518 hp Torsi 938Nm

MAR 31, 2020@19:00 WIB | 143 Views

Sedan klasik Alfa Romeo mungkin menjadi inspirasi beberapa builder untuk membangun ulang sebagai muscle car, dengan mesin V8 misalnya. Cara tersebut terlalu mainstream untuk membuat kejutan di dunia modifikasi. Salah satu builder Italia, Totem Automobili mencoba cara lain untuk mengembalikan ruh classic dengan sentuhan elektrifikasi. Langkah modifikasi retro klasik ini terbilang unik, lantaran semua body dirubah menggunakan serat karbon.

Alfa Romeo GT Junior yang dilansir pada 1970-an telah berubah menjadi sportcar bertenaga 518 hp. Penerapan bahan serat karbon membuat mobil berubah drastis menjadi elegan dan cenderung sporty. Bagi kami ini adalah karya seni retro modern yang cukup smooth, mengobati kerinduan para petrolheads di dunia.

Sederhana sekali ketika Totem Automobili menjelaskan tujuan modifikasi beraroma restorasi (restomod). Gaya elegan dan klasik cukup melegenda dengan Alfa Romeo GT Junior 1300/1600 produksi diantara tahun 1970-1975. Semua bahan originalnya dilepas, kecuali sasis dan sebagian body. Kemudian mengganti dengan bahan aluminium dan dilengkapi dengan rollcage.

Sebuah powerplant elektrik melipatgandakan tenaga menjadi 518 hp, dari mesin bawaan 192 hp. Torsi mesin ngejambak di kisaran 938 Nm, cukup gila bukan BlackPals.  Sementara batarai lithium 50,4 kWh seberat 350 kg menjangkau langkah sejauh 320 km. Bagaimana bisa tenaga sebesar itu dihasilkan?

Tenaga yang besar dan torsi yang memuncak didistribusikan melalui 3 mode elektronik, salah satunya untuk mengukur sejauh mana mobil ini mampu menjelajah. Beberapa mode lain lebih ke putaran  mesin untuk mengeluarkan tenaga maksimum serta torsi. Akselerasi 0-100 kpj hanya 3,4 detik, didukung dengan suspensi MacPherson di depan, dan multi link suspensi dibagian belakang serta mode rally dengan suspensi Bilstein Clubsport.

Tak hanya membuat body dalam bentuk karbon. Ada sentuhan pilar yang lebih smooth, menjadikan lebih modern look. Grille depan simple, dengan logo Alfa Scudetto, serta lampu depan mengadopsi Quad LED. Begitu juga dengan sentuhan interior yang dipenuhi karbon pada dashboard, digital instrumen serta sistem audionya.

Ternyata upaya restomod ini bakal diluncurkan pada Juli 2020 di acara Goodwood Festival of Speed. Namun karena pandemik Covid-19 semuanya berubah, tanpa kepastian waktu. Namun bagaimanapun, ini sebuah terobosan unik, bagaimana restorasi, modifikasi menjadi bagian dari modernisasi.[Ahs/timBX]

Tags :

#
totem automobili,
#
alfa romeo gt junior,
#
modifikasi,
#
restorasi,
#
sedan elektrik