MENU
icon label
image label
blacklogo

Resmi, Liberty Media Akuisisi Balap Motor MotoGP

APR 02, 2024@10:00 WIB | 136 Views

Pemilik ajang balap F1, Liberty Media akhirnya melebarkan sayapnya ke ajang balap motor. Perusahaan asal Amerika Serikat ini secara resmi berhasil mengakuisisi Dorna sebagai pemilik ajang balap MotoGP dengan nilai yang sangat fantastis.

Melansir situs resmi MotoGP, nilai investasi yang diberikan Liberty Media ke Dorna mencapai 4,2 miliar Euro atau setara Rp 7 triliun. Angka ini belum termasuk nilai ekuitas sebesar 3,5 miliar Euro atau setara Rp 60 triliun yang masuk dalam saldo utang MotoGP di akhir tahun ini.

Meski mengakuisisi Dorna beserta balap MotoGP, Liberty Media tidak membeli semua saham yang Dorna miliki. Diketahui Liberty Media membeli 86 persen saham. Sedangkan Dorna masih menyisakan 14 persen saham untuk tetap mengelola ajang balap motor paling bergengsi di dunia tersebut.

Selain balap MotoGP, Liberty Media juga akan ikut terlibat dalam beberapa event balap di bawah naungan Dorna lainnya. Mulai dari Moto2, Moto3, MotoE, World Superbike, serta ajang balap motor khusus perempuan Women’s Circuit Racing World Championship.

Dalam sambutannya, Presiden dan CEO Liberty Media, Greg Maffei senang bahwa pihaknya bisa melebarkan sayap ke ajang balap motor. “Kami sangat senang bisa menambah portofolio kami dengan akuisisi ini. MotoGP punya potensi keuntungan yang baik beserta punya fans yang sangat loyal di seluruh dunia”, ungkap Maffei. 

Meski sudah diakuisisi oleh Liberty Media, Dorna sejatinya masih tetap ikut terlibat dalam pengelolaan balap motor MotoGP ini. Perusahaan asal Spanyol ini tetap menjadikan Carmelo Ezpeleta sebagai CEO Dorna dan tetap menjalankan operasionalnya di Madrid, Spanyol.

Akuisisi Liberty Media ke Dorna akan selesai pada akhir tahun 2024 mendatang. Diketahui, proses yang panjang ini berkaitan dengan aturan Uni Eropa yang melarang satu perusahaan memiliki dua entitas yang berbeda dan membutuhkan diskusi yang cukup panjang. [edo/timBX]

Tags :

#
motogp,
#
libert media,
#
akuisisi,
#
dorna,
#
balap motor

X