MENU
icon label
image label
blacklogo

Renault Scenic E-Tech 2024 Debut, EV Berteknologi Tinggi dan Ramah Lingkungan

SEP 05, 2023@11:46 WIB | 342 Views

Renault meluncurkan Scenic generasi kelima yang semuanya baru, yang mengadopsi moniker E-Tech, di IAA Mobility Motor Show di Munich. Salah satu pionir di segmen minivan kompak telah bertransformasi menjadi crossover full electric yang tetap mempertahankan karakter ramah keluarga, dengan fokus pada keberlanjutan dan keselamatan.

Model produksinya terlihat mirip dengan Vision Scenic Concept tahun lalu, meski dengan fitur yang lebih diperkecil. Renault berharap sikap crossover ini  membuat Scenic lebih menarik bagi pembeli, karena minivan sudah hampir mati di Eropa.

Wajah agresif Scenic E-Tech mengadopsi perawatan lampu depan split mirip SUV andalan Rafale , dengan pola khusus pada gril tertutup. Velg futuristiknya berukuran diameter hingga 20 inci dan menambah fitur yang terinspirasi Peugeot yang dibawa oleh mantan Peugeot dan bos desain Renault saat ini, Gilles Vidal.

Fitur penting lainnya termasuk gagang pintu rata, aksen eksterior bergaya aluminium, dan lampu belakang berbentuk Y berwarna gelap.

Untuk dimensi, Renault Scenic E-Tech berukuran panjang 4.470 mm (176 inci), lebar 1.864 mm (73.4 inci), dan tinggi 1.571 mm (61.9 inci), dengan jarak sumbu roda 2.785 mm (110 inci). Angka tersebut membuatnya lebih panjang 64 mm (2,5 inci) dan lebih pendek 82 mm (3,2 inci) dibandingkan minivan Scenic generasi keempat.

Ia juga lebih panjang 271 mm (10,7 inci) dibandingkan crossover kompak Megane E-tech yang berkerabat dekat , diposisikan sebagai alternatif yang lebih besar dan lebih lapang di jajaran EV Renault meskipun tersedia secara eksklusif dengan tata letak lima tempat duduk.

Kepraktisan telah menjadi fokus garis keturunan Scenic dan tidak terkecuali generasi baru, yang menawarkan penyimpanan dalam kabin sebesar 38,7 liter (1,4 kaki kubik). Yang menjadi sorotan adalah sandaran tangan untuk penumpang belakang yang mencakup cupholder, kompartemen penyimpanan, port USB-C ganda, dudukan lipat, dan pengisian daya nirkabel.

Ruang bagasi berkapasitas 545 lt (19,2 kaki kubik) lebih kecil 27 lt (1 kaki kubik) dibandingkan Scenic generasi sebelumnya, namun dapat bertambah hingga 1.670 lt (59 kaki kubik) jika kursi belakang dilipat. Renault mengklaim ruang lutut dan ruang kepala setara dengan “mobil keluarga segmen C teratas”.

Elemen penting lainnya dari Scenic E-Tech baru adalah keberlanjutan, karena Renault ingin menjadi merek netral karbon di Eropa pada tahun 2040 dan secara global pada tahun 2050. Produsen mengklaim bahwa hingga 24% bahan yang digunakan dalam Scenic E-Tech dapat didaur ulang, sementara 90% massanya dapat didaur ulang (termasuk baterainya). Dalam konteks tersebut, kabinnya bebas kulit, menggunakan bahan yang bersumber dari hayati dan ramah lingkungan.

Scenic E-Tech entry-level mendapatkan motor listrik sinkron yang menghasilkan tenaga 168 hp (125 kW / 170 PS) dan torsi 280 Nm (206,5 lb-ft), dan paket baterai 60 kWh yang memungkinkan jangkauan WLTP lebih dari 260 mil ( 418km). Varian tertinggi  mendapatkan motor listrik yang lebih bertenaga 215 hp (160 kW / 218 PS) dan torsi 300 Nm (221,3 lb-ft), serta baterai 87 kWh yang lebih besar dengan jangkauan 379 mil (610 km).

Jajaran Scenic E-Tech akan mencakup tiga level trim – Techno entry-level, Espirit Alpine yang sporty dan premium, dan Iconic andalan. EV ini juga mendapat suara unik (peringatan pejalan kaki dan rangkaian suara selamat datang) yang dibuat bekerja sama dengan komposer musik elektronik Jean-Michel Jarre.

Peluncuran pasar Renault Scenic E-Tech di Eropa dijadwalkan pada awal tahun 2024. Harga akan diumumkan di kemudian hari, sementara produksi akan dilakukan di pabrik Douai di Prancis, yang merupakan bagian dari fasilitas ElectriCity Grup Renault . [wic/timBX].

Tags :

#
renault scenic e-tech 2024,
#
renault ev,
#
mobility motor show