MENU
icon label
image label
blacklogo

Renault Rencanakan Kehadiran SUV Baru Tahun Ini

JAN 20, 2024@18:30 WIB | 175 Views

Tampaknya para pembuat mobil tidak bisa memiliki cukup SUV dalam jajaran produknya untuk memuaskan pelanggannya. Menurut laporan terbaru, Renault sedang merencanakan model high-riding lainnya, kali ini berfokus pada segmen kompak. SUV yang belum disebutkan namanya ini diperkirakan akan tiba akhir tahun ini, mengisi kesenjangan antara Captur facelift yang akan segera hadir dan Austral.

Tujuan dari penawaran baru ini adalah untuk bersaing dengan Toyota C-HR dan Honda HR-V. Dalam hal tapak, panjangnya bisa sekitar 4.400 mm (173,2 inci), sedikit lebih besar dari Captur yang berukuran 4.329 mm (170.4 inci), tetapi kurang dari Austral yang berukuran 4.510 mm (177.6 inci).

Laporan sebelumnya dari media otomotif Perancis menyebutkan bahwa Renault sedang mengerjakan versi Captur yang lebih panjang dengan bodi yang lebih memanjang, sehingga menghasilkan lebih banyak ruang untuk penumpang belakang dan bagasi mereka. Namun, belum jelas apakah SUV baru ini akan berbagi panel bodi dengan Captur yang sedikit lebih kecil, atau menampilkan desain yang unik. Renault memiliki strategi serupa dengan saudara kandung Austral dan Espace.

Menurut Autocar, model baru ini kemungkinan akan berbagi basis CMF-B dengan Clio, Captur, dan Arkana, sehingga memungkinkannya dibanderol dengan harga sekitar 25,000 poundsterling (Rp 496 jutaan). Selain itu, kompatibilitas platform yang telah terbukti dengan powertrain hybrid dan plug-in hybrid juga penting untuk segmen SUV kompak terutama di Eropa, di mana sebagian besar produsen mobil menawarkan lebih dari satu opsi elektrifikasi untuk model mereka.

Berbicara mengenai strategi mereka, Bruno Vanel, product performance boss Renault, mengatakan: "Kami terlalu fokus pada segmen B (sub-kompak) mungkin sedikit berlebihan, sedangkan pasar Eropa setidaknya fokus pada segmen C (kompak)." Vanel menambahkan bahwa Renault kini akan lebih menyeimbangkan fokusnya di antara segmen-segmen tersebut.

Penawaran baru di kelas ini akan berkontribusi pada dorongan merek untuk mendapatkan margin yang lebih tinggi. Mengenai positioning pasar pabrikan mobil tersebut, Vanel mengatakan bahwa Renault tidak ingin menjadi merek premium, namun lebih memilih duduk "di puncak dari apa yang pelanggan sebut mainstream".

Jika rumor tentang pengungkapan pada tahun 2024 benar, maka fotografer mata-mata harus mulai melihat prototipe SUV kompak tersebut yang disamarkan di publik, mengungkap sejauh mana perbedaan visual dengan Captur. Captur sendiri juga siap untuk pembaruan pertengahan siklus hidup pada tahun 2024, mengadopsi bahasa gaya terbaru, yang diperkenalkan tahun lalu oleh Rafale dan Scenic E-Tech. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber/carscoop

Tags :

#
renault,
#
suv