MENU
icon label
image label
blacklogo

Renault Hentikan Unit Ampere Untuk Berfokus Pada Kendaraan Listrik

JAN 30, 2024@16:30 WIB | 186 Views

Renault menunda rencana unit Ampere yang berfokus pada kendaraan listrik karena perusahaan telah membatalkan rencana penawaran umum perdana (Initial Public Offering / IPO) mereka. Seperti yang dijelaskan oleh Auto Car, Ampere diciptakan sebagai "satu-satunya pemain murni perangkat lunak dan kendaraan listrik Eropa" dan telah beroperasi sebagai bisnis terpisah. Hal ini membuka jalan bagi IPO yang dijadwalkan terjadi pada paruh pertama tahun 2024.

Namun, banyak hal telah berubah sejak rencana tersebut diumumkan pada tahun 2022 dan perusahaan yakin kondisi pasar ekuitas saat ini tidak terpenuhi untuk menjalankan proses IPO secara optimal demi kepentingan terbaik Grup Renault, pemegang sahamnya, dan Ampere. Selain itu, perusahaan mengatakan kinerja mereka lebih baik dari yang diharapkan dan hal ini menghasilkan perolehan kas yang lebih kuat yang pada gilirannya mengurangi kebutuhan untuk melakukan IPO.

Meskipun IPO sekarang dibatalkan, Renault mengatakan tim Ampere tetap berkomitmen penuh untuk melaksanakan strateginya, yang menyerukan pengurangan biaya kendaraan listrik sebesar 40% dalam satu generasi. Perusahaan ini juga sedang mengerjakan kemajuan perangkat lunak dan AI serta peluncuran besar yang akan datang termasuk model 4, 5, Scenic, Twingo dan dua model lainnya.

Upaya ini membutuhkan modal dan Renault akan terus menyediakan dana. Namun, pembuat mobil yakin Ampere akan mencapai titik impas pada tahun 2025 dan mereka menyatakan keputusan ini tidak berdampak pada panduan keuangan Grup Renault dan strategi alokasi modalnya.

CEO Ampere dan Renault Group, Luca de Meo berkata, "Hari ini, kami mengambil keputusan pragmatis. Kami semua fokus dalam melaksanakan strategi kami dan membangun rekam jejak kami untuk menciptakan nilai bagi seluruh pemangku kepentingan kami."

Dia menambahkan bahwa dengan mendirikan bisnis kendaraan listrik dan perangkat lunak yang 100% fokus, "kami membangun entitas yang gesit dan kompetitif dalam waktu singkat. Kami memiliki pola pikir start-up yang memungkinkan kami untuk terus berinovasi dan hal inilah yang akan membuat Ampere sukses di lingkungan baru yang penuh tantangan ini". [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
renault,
#
ampere,
#
ev