MENU
icon label
image label
blacklogo

Referensi Modifikasi Honda BeAT Terkeren 2020

MAY 14, 2020@11:54 WIB | 439 Views

PT Astra Honda Motor pertama kali merilis Beat di tahun 2008, merujuk ke pasar skutik kecil kompetitor lainnya. Desain motor ini termasuk ramping, dengan mesin 110cc, memang membuat motor ini lebih irit. Hingga sekarang, penjualannya tembus 10 juta unit, dan terus meningkat hingga sekarang.

Tapi BlackPals, yang mau kita bahas disini adalah bukan mengenai tonggak sejarah Beat ini, melainkan dunia modifikasinya yang semakin lama, semakin bagus. Ada beberapa model modifikasi Beat yang akan kita bahas seperti berikut ini;

1. Aliran LowRider

Aliran seperti ini memang khusus untuk pemilik yang memiliki kantong yang tebal. Aliran Low Rider memang tak bagus untuk dibawa harian karena modelnya yang sudah tak seperti aslinya. Part-part yang spesial seperti suspensi, ban yang lebih besar karena sebaik-baiknya hasi jadi motor ini, akan mirip seperti moge-moge Harley Davison atau Chopper saking rendahnya. Untuk setangnya sendiri pun banyak jenisnya, bisa yang lebih tinggi, lebar atau semakin menjauh namun sedikit membengkok, karena lampu utama berada di bodi depan skutik ini.

Kami setuju jika skutik satu ini biasanya akan pas jika dimodifikasi oleh orang berduit, yang memang mengejar dunia kontes modifikasi. Karena, bentuk aslinya sebuah Beat tak kelihatan lagi disini mengingat bentukan berubah, dan part yang digunakan bisa lebih mahal. Sebut saja knalpot, velg, ban, bangku, akseseoris, lampu dan lainnya, sehingga tidak cocok untuk spesifikasi motor laik jalan. Dalam dunia kontes sendiri, motor seperti “hard Modification” inilah yang di targetkan menjadi juara. Mengenai harga memang bervariasi berdasarkan tingkt kerumitan modifikasi. Pastinya Rp 5 juta minimal harus disiapkan untuk biaya modifikasi ini.

2. Modifikasi Ekstrim

Ternyata tak hanya modifikasi Low Rider yang membutuhkan budget luar biasa, namun juga modifikasi ekstrim sekalipun. Kenapa? Simpel karena ide-ide modifikasinya nyeleneh. Memang penampilan standar motor ini bisa saja hilang atau seminimal ada yang dipertahankan. Tentu, harga yang dipatok untuk modifikasi ini terbilang cukup tinggi, dan pemiliknya memang bebas untuk mengganti part lainnya.

Jenisnya banyak, bisa mengubah rangka motor, menghilangkan semua fungsi standar kendaraan, atau mengubah model lampu, roda, bangku atau rem cakram. Nih, bahkan ada pula yang membuat Beat memiliki tiga roda, jadi motor touring, atau bahkan jadi motor sport. Beberapa motor modifikasi ekstrim ini masih laik jalan untuk digunakan, namun juga hanya sekedar kontes.

3. Aliran Air Brush

Cocok untuk penyuka seni, warna, dan gaya bodi, aliran air Brush menuntun anda untuk mengubah tampilan bodi Beat kalian. Warna standar skutik ini bisa diubah sesuai keinginan kalian, apakah dengan motif batik, pelangi, warna khas suatu daerah atau bendera suatu negara. Nah, meskipun hanya sebuah air brush, biaya yang dibutuhkan juga cukup tinggi pula. Tak hanya membeli bahan catnya, namun membuat pola, menambah aksesoris berdasarkan desain grafis yang dibuat sebelumnya.

Jika banyak model warna yang diperlukan, pengerjaannya pun membutuhkan waktu yang tidak singkat. Ketika mengecat bodinya, bahkan tak cukup untuk sekali mengecat saja, bisa berkali-kali (cat, amplas, cat dan seterusnya hingga warna sempurna mengkilap). Bengkel air brush sekarang cukup banyak di Jakarta, jadi kalian yan tak mengerti caranya, bisa berkonsultasi dengan bengkel air brush berpengalaman. Sekali lagi, modifikasi ini dilakukan khusus untuk kontes saja dan bukan untuk digunakan sehari-hari, karena kecocokan warna di STNK.

4. Modifikasi Ceper

Awalnya memang terlihat kurang good ketika Honda Beat dibuat ceper. Bisa ceper karena ada pemotongan bodi, menurunkan level suspensi hingga mengganti ban standar. Perlu dicatat jika yang menggunakan motor ceper ini harusnya memeiliki berat badan ideal. Modifikasi motor seperti ini tentunya membuat body agak gesrek dengan aspal, sehingga berbahaya di jalanan. Mungkin, jika jalanannya mulus, tidak masalah. Tapi jalanan di Indonesia tak selamanya mulus. Kondisi motor yang terlalu rendah, juga bisa tak terlihat pengendara lain yang menggunakan mobil atau bis/truk sehingga jika menyalip, akan sangat berbahaya.

Dari keempat aliran modifikasi di atas, bahwa modifikasi ini hanya khusus untuk kompetisi kendaraan saja. Nah, kalau untuk di jalanan raya, sebaiknya gunakan motor standar untk keselamatan kalian. Bengkel-bengkel yang memodifikasi motor skutik juga banyak kok di Jakarta dan budget yang dibutuhkan sekali lagi beragam. Jadi konsultasikan dahulu bagaimana model modifikasi, budget  yang dibutuhkan ke pemilik bengkel.[prm/timBX] Foto; berbagai sumber

Tags :

#
autonews,
#
modifikasi,
#
honda,
#
beat,
#
honda beat,
#
2020,
#
ceper,
#
lowrider,
#
ekstrim,
#
air brush