MENU
icon label
image label
blacklogo

Rahasia di Babik Mobil Bertenaga Hidrogen Jaguar Land Rover Terungkap!

JUN 16, 2021@08:30 WIB | 117 Views

Jaguar Land Rover dikabarkan sedang mengerjakan prototipe kendaraan listrik berbahan bakar hidrogen/fuel cell electric vehicle (FCEV), yang rencananya akan mulai diuji pada akhir tahun ini. Kendaraan ini didasarkan pada Land Rover Defender, dan perusahaan mengatakan akan memfokuskan pengujiannya pada "atribut utama" seperti konsumsi bahan bakar dan kemampuan off-road.

FCEV adalah bagian dari strategi perusahaan untuk mencapai knalpot dengan emisi nol pada tahun 2036 dan bersih dari emisi karbon di seluruh rantai pasokan dan operasinya pada tahun 2039. Kendaraan listrik sel bahan bakar menghasilkan listrik dari hidrogen untuk menggerakkan motor listriknya, dan Jaguar Land Rover menganggap ini sebagai pelengkap untuk baterai kendaraan listrik. “We know hydrogen has a role to play in the future powertrain mix across the whole transport industry, and alongside battery electric vehicles.”, kata Ralph Clague, kepala divisi hidrogen dan sel bahan bakar Jaguar Land Rover.

Jaguar Land Rover menyatakan pada pengumumannya “Teknologi di balik FCEV akan membuat kendaraan ini ideal kendaraan berukuran besar, berjarak tempuh jauh, dan sanggup dioperasikan dalam lingkungan apapun, baik panas ataupun dingin”, karena kendaraan “memberikan kepadatan energi yang tinggi dan pengisian bahan bakar yang cepat, dan meminimalisasi berkurangnya jarak tempuh ketika dalam keadaan dingin.”.

Produsen mobil yang lain juga telah mengumumkan rencana untuk mengembangkan kendaraan bertenaga hidrogen, seperti: Toyota, yang mengatakan pada bulan april lalu, bahwa produksi kendaraan listriknya akan mencakup 70 model baru pada tahun 2025, termasuk model sel bahan bakar hidrogen, Meskipun Honda menghentikan Clarity EV-nya tahun lalu, perusahaan mengatakan berencana untuk terus membuat versi sel bahan bakar hidrogen, dan pada bulan Januari, General Motors mengumumkan kemitraan dengan perusahaan truk Navistar dan perusahaan sel bahan bakar hidrogen OneH2 yang akan berkolaborasi untu rencana pembuatan armada truk sel bahan bakar hidrogen tanpa emisi.

AS belum memiliki infrastruktur pengisian bahan bakar yang kuat untuk kendaraan hidrogen; sementara ada 39 stasiun pengisian bahan bakar hidrogen di California dan beberapa di Hawaii, sejauh ini hanya beberapa stasiun yang buka di sepanjang Pantai Timur. [era/asl/timBX]

Tags :

#
jaguar land rover,
#
kendaraan listrik,
#
mobil listrik,
#
mobil hidrogen