MENU
icon label
image label
blacklogo

R32 Skyline GT-R Maatouks Cetak Rekor Dunia, 400 Meter hanya 6 Detik

MAY 06, 2020@14:40 WIB | 145 Views

Januari lalu, bengkel drag Australia, Maatouks Racing menjajal mobil Nissan R32 Skyline GT-R racikannya di arena balap drag dan berhasil mencetak catatan dunia baru. Ya, rekor dunia waktu tercepat dan kecepatan tertinggi Skyline saat finish untuk jarak 400 meter berhasil diraihnya.

R32 Skyline GT-R Maatouks mencatat 6,57 detik dan finish dengan kecepatan 209 mph atau 336 kpj. Nah banyak dari petrolhead atau mungkin Blackpals sendiri yang penasaran bagaimana mobil berusia 30 tahun ini dapat melesat sekencang itu.

Nah, sebuah video baru saja tampil dari akun YouTube Motive Video mewawancarai Anthony Maatouk, sang maestro di balik rekor dunia tersebut. Dalam video Maatouk menyampaikan jika awalnya ini merupakan proyek kerjasama antara dirinya dan Hussein Youssef teman balapnya. Tahun 2018 lalu, R32 Skyline GT-R sudah jadi dan tembus 2000 hp.

Melihat adanya celah, mereka berdua pun ingin mencoba meningkatkannya lagi, namun sayang sebelum modifikasi tuntas Youssef terlibat kecelakaan mobil dan meninggal. Hal ini semakin memompa semangat Maatouk untuk menyelesaikan mobil ini dengan mesin dan transmisi baru serta upgrade lainnya.

Diberi nama ‘Metro’, mobil ini dibekali mesin Nissan RB baru enam silinder segaris 3.2 liter. Metro juga menggunakan sistem pelumasan dry-sump untuk mencegah engine failure dan berbahan bakar methanol dengan 12 injektor. Tidak lupa GenII Pro-Mod turbocharger dan radiator custom yang memungkinkan pengaliran air terpisah untuk blok dan head pun terpasang.

Tenaga lalu disalurkan ke sistem penggerak empat roda lewat transmisi dua percepatan PowerGlide dan sistem 4WD manual. Transfer case bawaan GT-R dan juga differential belakang pun dikuatkan agar dapat menangani beban tenaga super ini, sedangkan differential depan dibiarkan standar.

Alhasil R32 Skyline GT-R besutan Maatouk berhasil mencetak 2100 hp, namun memang buka power saja yang menentukan. Mobil ini juga telah dipangkas bobotnya dengan mengganti jendela dari Lexan, rem karbon, pintu karbon, moncong ringkas, dan frame tube.

Tak lama kemudian, R32 Skyline GT-R berhasil memecahkan rekornya sendiri, di mana kini seperempat mil bisa ia libas hanya dalam waktu 6,55 detik. Anthony juga menyampaikan jika dengan adanya lockdown Corona ia memiliki banyak waktu untuk tunning guna mencapai performa yang lebih tinggi, targetnya adalah merebut rekor 4WD yang dipegang ETS GT-R. [leo/asl/timBX]

Tags :

#
nissan r32 skyline gt-r,
#
rekor dunia,
#
bengkel drag australia,
#
maatouks racing