MENU
icon label
image label
blacklogo

Provinsi Ini Akan Hapuskan Izin Penjualan Kendaraan Pembakaran Internal

NOV 23, 2018@09:30 WIB | 1,621 Views

Salah satu provinsi di Kanada, British Columbia, sepertinya ingin memiliki daerah yang bebas dari pencemaran udara akibat kendaraan bermotor. Oleh karena itu, pemerintah setempat ingin mengakhiri penjualan mobil dengan pembakaran internal baru pada tahun 2040 mendatang. Provinsi di Kanada tersebut berencana untuk memperkenalkan undang-undang mengenai pelarangan penjualan mobil dengan mesin pembakaran di tahun depan agar dapat mewujudkan kebijakan setempat. British Columbia bergabung dengan banyak pemerintah daerah di seluruh dunia untuk mengakhiri penjualan mobil bensin dan diesel baru dalam beberapa dekade mendatang.

Pemerintah tersebut dilaporkan berencana membuat fase dalam target penjualan kendaraan nol-emisi untuk memenuhi tujuannya. Target yang diusulkan akan mulai dari 10 persen pembatasan pada tahun 2025, kemudian akan naik menjadi 30 persen pada tahun 2030, dan kemudian melompat ke 100 persen pelarangan penjualan mobil baru pada tahun 2040.

Selain itu, British Columbia berencana untuk memperluas jaringan untuk stasiun pengisian cepat untuk listrik dan mengalokasikan tambahan $ 15 juta atau sekitar Rp 219 miliar untuk dana insentif pelanggan pengisian daya mobil listrik. Provinsi ini juga sudah menawarkan kredit cuma-cuma sebesar $ 3.764 atau sekitar Rp 54 juta untuk pembelian mobil bertenaga baterai listrik dan Plug-in Hybrid dan $ 4.516 atau sekitar Rp 65 juta untuk pembelian kendaraan berbahan bakar sel hidrogen.

Beberapa negara Eropa telah mengusulkan berakhirnya masa penjualan mobil non-elektrifikasi yang dijual baru dalam beberapa dekade mendatang dengan Inggris dan Prancis menargetkan di tahun 2040 untuk menghentikan penjualan mobil jenis tersebut. Pemerintah Skotlandia juga telah mengusulkan untuk melakukan hal yang sama pada tahun 2032, dan Norwegia telah membahas penghentian mobil berbahan bakar internal hingga batas waktu tahun 2025 . Negara Skandinavia alias Denmark telah berhasil memperluas penjualan kendaraan listrik hingga setengah penjualan mobil baru dan terus meningkat hingga batas penghentian penjualan kendaraan berbahan bakar bensin/diesel tiba.

Sementara, British Columbia merupakan provinsi di Kanada pertama yang mengusulkan akhir penjualan mobil bensin dan diesel yang baru. Pada tahun 2016, Quebec yang juga provinsi di Kanada meloloskan undang-undang yang mewajibkan produsen mobil untuk menjual sejumlah kendaraan nol-emisi. Ini setara dengan mandat kendaraan nol-emisi yang sudah ada di California dan dimaksudkan untuk meningkatkan kendaraan nol-emisi hingga 15,5 persen dari total penjualan mobil baru di provinsi ini pada tahun 2020.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
kanada,
#
british columbia,
#
kendaraan listrik,
#
pencemaran,
#
polusi,
#
pembakaran internal,
#
bensin,
#
diesel