MENU
icon label
image label
blacklogo

Prototipe Shelby Mustang GT350 R Pertama Akan Dilelang Kembali

DEC 08, 2021@17:00 WIB | 249 Views

Awal tahun depan, kolektor akan memiliki kesempatan untuk membeli bagian yang benar-benar istimewa dari sejarah otomotif. Prototipe Shelby GT350 R 1965 pertama akan diluncurkan di blok lelang pada bulan Januari di penjualan Mecum's Kissimmee, Florida.

Dibangun di bawah pengawasan Carroll Shelby yang legendaris, ini adalah mobil dan prototipe Ford Shelby GT350 produksi 1965 pertama. Berfungsi sebagai mobil uji untuk insinyur Shelby Amerika dan menghasilkan 34 model R pelanggan yang pada akhirnya akan diproduksi.

Tidak puas hanya dengan menguji mobil di trek balap kosong, mobil ini juga dikampanyekan selama musim balap SCCA 1965, memenangkan 10 balapan. Hebatnya, ini juga merupakan Shelby Mustang pertama yang memenangkan perlombaan dan dikemudikan oleh banyak legenda, termasuk Ken Miles .

Aaron Shelby, cucu dari Carroll Shelby mengungkapkan, sebagai salah satu Mustang yang paling didekorasi dalam sejarah otomotif, Prototipe Shelby Mustang GT350R ini menjunjung tinggi reputasi penting bagi pembuat mobil, insinyur, dan penggemar.

“Sejarah performa tinggi, fitur desain inovatif, dan estetika abadi membuat kendaraan ini menjadi keajaiban bagi penggemar otomotif, dan kami senang telah mengambil bagian dalam membentuk masa depan pembuatan mobil dan balap. Penjualan kendaraan ini menawarkan kesempatan baru bagi pembeli untuk merasakan kecerdikan dan warisan yang tiada duanya,” papar Aaron.

Mobil itu akhirnya dijuluki "Flying Mustang" dan diabadikan di sampul Car & Driver Magazine pada tahun 1966. Di foto saat melayang udara, seperti yang dibuktikan oleh foto-foto di bawah ini, editor majalah dimanjakan dengan pilihan foto, saat mobil muncul menghabiskan sebagian besar waktunya di udara.

Sejak pensiun dari balap, mobil ini telah melewati sejumlah tangan. Meskipun sempat hilang, ditemukan di Meksiko pada tahun 1989 sebelum dipajang di Shelby American Museum di Boulder, Colorado selama 14 tahun. Kolektor John Atzbach kemudian membelinya pada tahun 2010 dan menugaskan restorasi penuh yang membutuhkan waktu empat tahun untuk menyelesaikannya.

Kembali ke kondisi tahun 1965, begitulah keadaannya saat ini. Sebagai konsekuensi dari asalnya yang cukup besar, mobil ini diperkirakan akan dijual dengan harga yang memecahkan rekor. Memang, tahun lalu menjadi kendaraan dengan harga tertinggi yang dijual oleh Mecum ketika dilelang seharga $ 3,85 juta (Rp 55 miliar) sebagai bagian dari Koleksi John Atzbach pada Juli 2020. Lelang ini akan berlangsung di Lelang Mecum Kissimmee, yang berlangsung dari 6-16 Januari 2022. [ibd/zzz/timBX]

Tags :

#
shelby mustang gt350 r,
#
shelby mustang,
#
mustang gt350 r