MENU
icon label
image label
blacklogo

Prototipe Balap Aston Martin Valkyrie Akan Hadir di Le Mans 2025

OCT 06, 2023@09:30 WIB | 247 Views

Aston Martin siap membuat sejarah sekali lagi. Perusahaan mengumumkan bahwa versi prototipe balap dari hypercar pamungkasnya, Valkyrie, siap memasuki kompetisi bergengsi Le Mans 24 Jam pada tahun 2025. Keputusan penting ini dimungkinkan melalui dukungan dari mitra balap ketahanan Aston Martin yang memenangkan kejuaraan, Heart of Racing (HoR).

Setidaknya satu mobil balap Valkyrie akan diikutsertakan oleh pabrikan di kelas Hypercar baik di FIA World Endurance Championship (WEC) dan IMSA WeatherTech SportsCar Championships (IMSA) mulai tahun 2025. Upaya ambisius ini akan membuat prototipe Valkyrie bersaing di tiga balapan. acara balap motor paling bergengsi: 24 Hours of Le Mans, Rolex 24 di Daytona, dan 12 Hours of Sebring.

"Performa adalah sumber kehidupan dari semua yang kami lakukan di Aston Martin, dan motorsport adalah ekspresi utama dari upaya mencapai keunggulan," kata Lawrence Stroll, Executive Chairman Aston Martin. "Kami telah hadir di Le Mans sejak awal, dan melalui upaya gemilang itu kami berhasil memenangkan Le Mans pada tahun 1959 dan berpartisipasi sebanyak 19 kali selama 95 tahun terakhir. Sekarang kita kembali ke kancah kemenangan pertama yang bertujuan untuk menulis sejarah baru dengan prototipe balap yang terinspirasi oleh mobil produksi tercepat Aston Martin yang pernah dibangun," lanjutnya.

Valkyrie yang dioptimalkan untuk balap ketahanan akan menampilkan sasis serat karbon dan akan menggunakan versi modifikasi dari mesin V12 6,5 liter natural aspirated buatan Cosworth yang ditemukan di Valkyrie legal jalan raya yang menghasilkan 1.000 tenaga kuda.

Unit tenaga ini akan semakin ditingkatkan untuk memenuhi persyaratan ketat kelas Hypercar dan untuk bertahan dalam kerasnya balap jarak jauh tingkat atas. Berbeda dengan Valkyrie yang berspesifikasi jalan raya, mobil balap ini akan menghilangkan sistem hybrid baterai-listrik dan hanya fokus pada pelepasan tenaga pembakaran V12 di lintasan.

Setelah dihomologasi, tim Heart of Racing akan memimpin program balap Aston Martin di kejuaraan WEC dan IMSA. Hal ini akan menandai tonggak penting karena mobil balap Valkyrie akan menjadi hypercar murni pertama yang berpartisipasi dalam kedua kejuaraan bergengsi tersebut. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
aston martin valkyrie,
#
aston martin