MENU
icon label
image label
blacklogo

Proton Iriz, Hatchback Dengan (Rasa) Suspensi Lotus

DEC 29, 2018@19:10 WIB | 1,108 Views

Kiprah Proton di Tanah Air seakan mati suri hingga akhirnya mereka bangkit dari kubur dengan meluncurkan Iriz untuk pasar Indonesia. Proton Iriz akhirnya resmi sudah bisa dimiliki di Indonesia dengan dua varian tranmisi yakni manual dan transmisi otomatis CVT Executive.

Proton meluncurkan kedua varian Proton Iriz sekaligus yakni Proton Iriz yakni dengan mesin bensin VVT-i berkapasitas 1,3 liter bertransmisi manual Executive, dan Proton Iriz 1,3 liter dengan tramsmisi otomatis CVT Executive. Proton Iriz 1,3 liter mengambil struktur melingkar di bagian mata, dan disebut juga sebagai Proton Compact Car (PPC) dan GSC (Global Small Car). Produk ini akan head to head melawan Nissan March, Kia Picanto, Honda Brio, Mitsubishi Mirage, hingga Daihatsu Sirion di kelas hatchback.

PT Proton Edar Indonesia (PEI) mengungkapkan bahwa hatchback terbarunya itu diklaim berbeda dengan rival-rival lain di kelasnya. Hal tersebut dikarenakan para teknisinya mendapat pelatihan langsung dari Lotus, produsen mobil sport dan premium yang telah diakuisisi oleh produsen otomotif asal Malaysia itu.

Selain suspensi, kelebihan Proton Iriz lainnya meliputi beberapa aspek yakni, kelebihan pertama adalah dimensinya. Iriz memiliki panjang 3.905 mm, lebar 1.720 mm, tinggi 1.550 mm dan sumbu roda 2.555 mm. Volume bagasi mencapai 215 mm. Kedua yaitu Proton Iriz juga sudah mendapatkan lima bintang ASEAN NCAP untuk perlindungan orang dewasa, sementara untuk perlindungan anak-anak mendapatkan empat bintang. Keberhasilan dalam uji tabrak itu tak lepas itu dari kehadiran fitur enam airbags untuk varian termahal Iriz. Iriz standar juga dilengkapi dengan ABS, EBD, Brake Assist, Hill Hold Assist, dual airbags, dan ESC.

Proton Iriz bermesin 1,3 liter bertenaga 70 kw pada 5.750 rpm, dengan torsi maksimal 120 Nm pada 4.000 rpm. Transmisi yang tersedia adalah manual 5-speed, dan CVT. Soal sistem hiburan, Iriz dibekali head unit 2 DIN dengan fungsi CD, MP3, USB, Aux dan Bluetooth.

Ada tujuh warna yang ditawarkan, yakni Solid white, Midnight Black, Sterling Silver, Atlantic Blue, Graphite Grey, Citrus Green and Fire red. Proton Iriz tipe 1.3L MT Standard dibanderol Rp 175.250.000 dan tipe 1.3L CVT Standard yang dibanderol seharga Rp 185.283.000 (OTR Jakarta).

Tags :

#
proton,
#
proton iriz,
#
proton edar indonesia