MENU
icon label
image label
blacklogo

Prodrive Peringati 25 Tahun Kemenangan Subaru Impreza WRC Dengan Model P25

MAY 26, 2022@17:01 WIB | 159 Views

Prodrive, perusahaan di balik kesuksesan Subaru pada WRC tahun 1990-an, memperingati 25 tahun debut WRC yang memenangkan Impreza World Rally Car dengan model Impreza yang direstorasi dan ditingkatkan dengan badge P25.

Perusahaan Inggris tersebut membangun mobil reli Impreza asli untuk program WRC Subaru dan mengatakan bahwa 25 mobil baru yang diluncurkan secara terbatas akan mengambil inspirasi dari model mobil reli dan mobil jalan raya 22B legendaris yang dibuat Subaru dari Jepang untuk menandai kemenangan keseluruhannya dalam kejuaraan 1997.

Prodrive akan mengungkap P25 di Goodwood Festival of Speed bulan depan dan telah memilih untuk merilis hanya satu sketsa dan beberapa detail teknis yang sangat mendasar sebelum peluncuran itu. Gambar menunjukkan Impreza generasi pertama dua pintu yang terlihat hampir persis seperti 22B, dan tampaknya selesai dengan warna biru Sonic yang sama.

Tetapi Prodrive mengatakan bahwa teknologi modern memastikan P25 ini akan lebih bertenaga, lebih ringan dan menangani lebih baik daripada Impreza asli. Kemungkinan mesin 2.5-liter flat-four yang digunakan akan menghasilkan "lebih dari" 400 hp (406 PS) yang kini dikawinkan dengan transmisi paddle-shift semi-otomatis enam kecepatan, bukan manual lima kecepatan Impreza asli. Prodrive juga mengklaim bahwa P25 akan menggunakan serat karbon secara ekstensif untuk mengurangi bobot sasis.

22B asli dibangun oleh Subaru di Jepang, tetapi 400 dari 424 unit diperuntukkan bagi pasar dalam negeri yang berarti ribuan penggemar Impreza di negara lain di dunia ketinggalan. Hal ini membuat Prodrive menciptakan P1 yang mirip secara visual, tetapi sedikit kurang eksotis, untuk penggemar Eropa.

Dave Richards, pendiri Prodrive, tampaknya adalah orang yang bertanggung jawab atas konsep tersebut. Impreza 22B asli dianggap paling ikonik dari Subaru dan sangat dicari. "Kami ingin meningkatkan segala sesuatu yang membuat mobil itu begitu istimewa dengan menerapkan teknologi terbaru untuk menciptakan interpretasi modern kami sendiri tentang mobil yang mendapat tempat dalam sejarah otomotif tersebut," imbuhnya.

Tim pengembangan P25 Richards termasuk desainer McLaren F1 Peter Stevens, yang menciptakan tampilan mobil reli asli, dan direktur teknis Prodrive David Lapworth, yang bertanggung jawab atas sisi teknik program WRC 25 tahun lalu. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
subaru impreza wrc,
#
subaru impreza,
#
subaru