MENU
icon label
image label
blacklogo

Presiden Brasil Nyatakan Grand Prix Pindah ke Rio Pada Tahun 2020

MAY 09, 2019@17:00 WIB | 711 Views

Grand Prix Brasil akan pindah tahun depan ke sirkuit baru yang dibangun secara khusus di Rio de Janeiro yang bisa dinamai Ayrton Senna.

Di tengah ketidakpastian tentang masa depan di Interlagos (Sao Paulo) untuk jangka panjang, presiden Brasil Jair Bolsonaro mengatakan bahwa pergantian tempat akan terjadi pada tahun 2020 ketika perlombaan tersebut pindah ke Rio.

Pada konferensi pers, ia mengumumkan bahwa kesepakatan telah ditandatangani dengan gubernur Rio Wilson Witzel dan walikota Marcelo Crivella untuk pembangunan jalur baru di distrik Deodoro bagian barat.

Rencananya adalah menyelesaikan pembangunan sirkuit sebelum akhir tahun ini, dan akan dibiayai sepenuhnya dengan uang pribadi.

Berbicara kepada wartawan, sang presiden mengatakan: "Manajemen F1 telah memutuskan untuk mempertahankan Grand Prix di Brasil, tetapi Sao Paulo menjadi tidak praktis karena dukungan finansial publik untuk acara dan hutang yang ada di sana.

“Arena pacuan kuda baru akan dibangun dalam enam atau tujuh bulan. Sektor perhotelan akan bahagia, ekonomi negara juga terkena dampak karena itu akan menghasilkan enam dari tujuh ribu lapangan kerja. Ini bagus untuk Rio de Janeiro dan Brasil.”

Dalam sebuah tweet, presiden menyatakan: “Setelah kemenangan kami dalam pemilihan, Formula 1 yang akan meninggalkan Brasil, memutuskan tidak hanya untuk bertahan, tetapi juga untuk membangun jalur balap baru di RJ (kota Rio de Janeiro), yang akan memiliki nama Ayrton Senna yang jadi legenda. Dengan ini, ribuan pekerjaan akan diciptakan, memberi manfaat bagi ekonomi dan populasi negara."

Bekas jalur Grand Prix Brasil di Rio, Sirkuit Jacarepagua, dihancurkan untuk memberi jalan ke Olimpiade Park pada 2016.

Sirkuit Deodoro akan dibangun di atas tanah yang telah diserahkan oleh tentara dan akan dirancang oleh Hermann Tilke, dimana tempat tersebut juga menargetkan acara MotoGP.

Liberty memiliki hubungan yang kurang baik dengan kota Sao Paulo dan promotor balapan. Acara ini adalah lomba yang paling tidak menguntungkan dalam hal biaya yang dibayarkan kepada organisasi F1, tetapi Sao Paulo menegaskan bahwa ia memiliki kontrak dengan F1 hingga 2020 untuk mempertahankan balapan di Interlagos.

Tags :

#
gp brasil,
#
gp brasil 2020,
#
auto news