MENU
icon label
image label
blacklogo

Porsche Panamera Diprediksi Bertahan di Era Mobil Listrik

MAR 28, 2021@09:30 WIB | 382 Views

Porsche AG mengisyaratkan model generasi ketiga dapat dijual bersama Taycan. Sejak Porsche memperkenalkan Taycan pada September 2019, beberapa orang bertanya-tanya apakah ada masa depan untuk Panamera di jajaran Zuffenhausen.

Sedan listrik baru-baru ini menelurkan Cross Turismo - dengan Sport Turismo yang kemungkinan besar tidak jauh di belakang - sehingga semakin tumpang tindih dalam hal ukuran dengan mobil penggerak bahan bakar. Jadi, bagaimana dengan Panamera? Ternyata, generasi ketiga masih bisa terjadi.

Meskipun Porsche menargetkan 80% dari penjualan tahunannya menjadi model berlistrik pada akhir dekade ini, Panamera mungkin bertahan untuk sementara waktu.

Pimpinan perusahaan Porsche AG, Oliver Blume, mengatakan kepada awak media bahwa ada kemungkinan besar model bertenaga ICE akan diperbarui: "Saya pikir itu bisa berhasil, karena mereka bermain di segmen yang berbeda. Panamera satu langkah lebih tinggi dari Taycan."

Blume melanjutkan dengan mengatakan Porsche harus berhati-hati untuk menghindari penjualan yang kanibal dengan memastikan model akan dibedakan secara signifikan.

Panamera generasi ketiga yang potensial, baik itu hybrid plug-in atau sepenuhnya listrik, akan lebih mewah dan jauh lebih besar daripada Taycan yang dijual hari ini sehingga tidak akan menginjak kakinya.

Jika rencananya adalah membuang mesin model lama, Panamera EV kemungkinan besar akan menggunakan platform PPE yang memulai debutnya pada tahun 2022 dengan Macan berikutnya dan Audi Q6 E-Tron.

Arsitektur yang baru dikembangkan akan menjadi langkah maju dari VW Group MEB dengan menawarkan kemudi roda belakang, suspensi udara, dan vektor torsi.

Jika Panamera generasi berikutnya mempertahankan mesin bensin tradisional, itu berarti Porsche akan semakin menggetarkan model dengan memperluas jangkauan EV-nya di luar kemampuan nol emisi model saat ini.

Ketika perusahaan mengatakan 80% penjualannya akan diwakili oleh model ‘berlistrik’ pada tahun 2030, itu tidak hanya mengacu pada EV murni. Itu juga memperhitungkan hybrid, yang dapat mencakup Panamera generasi berikutnya dan bahkan pengganti mobil sport 992-gen 911 saat ini.

Sedangkan untuk sisa jajaran, Porsche belum memutuskan apakah penerus jajaran 718 akan menggunakan ICE atau beralih ke tenaga listrik. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
porsche panamera,
#
porsche,
#
mobil listrik,
#
mobil listrik porsche,
#
porsche ag