MENU
icon label
image label
blacklogo

Porsche K1, SUV Listrik Tiga Baris Terungkap Pertama Kalinya

APR 03, 2024@09:30 WIB | 119 Views

Porsche telah menikmati kesuksesan besar dengan Cayenne-nya selama 20 tahun terakhir, namun hari-harinya sebagai SUV andalan merek tersebut tinggal menghitung hari. Pada tahun 2027, ia akan dikalahkan oleh all electric K1, yang untuk pertama kalinya terungkap dalam foto mata-mata ini yang tampak seperti Ferrari Purosangue.

K1 hanyalah nama kode; dimana prototipe dengan penyamaran berat yang terlihat pada awal ini akan debut produksi tiga tahun dari sekarang. Kamuflase pada jendela bagian belakang terlihat menyesatkan, membuat SUV mewah ini terlihat lebih tegak daripada yang kemungkinan akan terlihat nanti. Namun struktur dasar bodinya adalah yang sebenarnya dan mobil ini bahkan tampak menggunakan lampu produksi, bukan unit lampu pengganti yang biasanya terlihat pada tahap pengembangan ini.

Tim foto mata-mata Carscoops mengatakan, K1 terlihat panjang, rendah, dan lebar dari bahan logam, dengan ruang yang cukup antara gandar depan dan belakang untuk memberi ruang bagi kursi baris ketiga kecil. Berbeda dengan Macan EV baru, yang menampilkan pengaturan lampu depan terpisah yang modis, semua lampu LED K1 ditempatkan bersama-sama sehingga menghasilkan fasia depan yang hampir seluruhnya mulus.

Bumper bawah memiliki vertikal vane, mirip dengan yang terlihat pada 911 facelift yang akan diungkap akhir tahun ini, dan tidak ada asupan central grill intake karena K1, seperti Taycan, hanya menggunakan tenaga listrik.

Sementara Taycan menggunakan platform J1 milik VW, K1 akan memperkenalkan arsitektur SSP Sport baru, yang merupakan versi penyempurnaan dari platform SSP utama yang akan digunakan oleh merek-merek VW Group yang lebih kecil. Porsche mengkonfirmasi keberadaan proyek K1 tahun lalu, dengan menunjukkan gambar teaser sebuah SUV di bawah penutup, meskipun tidak menjelaskan secara rinci tentang pengaturan motor atau tingkat tenaga.

Namun, mengingat Taycan Turbo GT terbaru menghasilkan tenaga hingga 1.093 hp (1.108 PS / 815 kW), kita pasti dapat mengharapkan versi termahal dari K1 hadir dengan peringkat tenaga kuda empat digit juga.

Dan harganya akan mahal. Cayenne facelift baru dibandrol mulai dari $79.200 (Rp 1,26 miliaran)  di AS dan saat ini mencapai $146.900 (Rp 2,34 miliaran) untuk Turbo E-Hybrid, tetapi K1 diperkirakan berharga lebih dari $200.000 (Rp 3,19 miliar) ketika mendarat pada tahun 2027 dan siap untuk melawan Range Rover EV dan bahkan mungkin mencuri sedikit penjualan dari kendaraan listrik pertama Ferrari. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
porsche k1,
#
porsche