MENU
icon label
image label
blacklogo

Porsche Gunakan Mesin 3D Untuk Produksi Gearbox

FEB 03, 2021@16:00 WIB | 394 Views

Pada bulan Desember lalu, Porsche meresmikan rumah pencetakan prototipe 3D untuk penggerak listrik yang lebih kuat, lebih ringan, dan lebih cepat untuk diproduksi. Unit gearbox yang diproduksi menggunakan metode ini bahkan mampu melewati semua uji kualitas dan tekanan sesuai SOP tanpa masalah.

Porsche menggunakan metode pencetakan 3D yang disebut fusi logam laser, yang memerlukan pemanasan sinar laser dan peleburan permukaan bubuk, tergantung pada kontur yang diinginkan. Metode ini memungkinkan Porsche memproduksi gearbox mesin yang 10% lebih ringan dan 100% lebih kuat karena struktur kisi yang melekat.

Keuntungan signifikan lainnya untuk membuat komponen dengan cara ini adalah kemudahan dan kecepatan membuat komponen baru atau membuat perubahan pada yang sudah ada. Misalnya, suku cadang yang sama sekali baru dapat dirancang dan kemudian dicetak secara fisik dengan sangat cepat tanpa perlu melakukan hal-hal seperti membuat perkakas baru untuk membuat suku cadang tersebut.

"Ini membuktikan bahwa manufaktur aditif dengan segala kelebihannya juga cocok untuk komponen yang lebih besar dan sangat tertekan pada mobil sport listrik,” kata Frank Heilfort, Manajer Proyek di Departemen Pengembangan Powertrain Porsche.

Heilfort bahkan lebih jauh mengatakan bahwa penggerak listrik dengan bagian cetak 3D dapat digunakan di masa depan untuk mobil sport super edisi terbatas.

Menerapkan komponen cetak 3D ke dalam kendaraan listrik Porsche seperti Taycan dan Macan listrik yang akan datang, sangat masuk akal ketika mempertimbangkan bobotnya yang berat karena paket baterai yang digunakan. Misalnya, Porsche Taycan 4S memiliki berat 2,3 ton. Memdengan menggunakan part hasil cetak 3D untuk beberapa bagian akan mengurangi bobot kendaraan, dan tentunya membuat tenaga yang dikeluarkan lebih minim.[prm/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
autonews,
#
porsche,
#
3d printing