MENU
icon label
image label
blacklogo

Porsche Carrera GT ini Kembali Lahir Baru

FEB 06, 2019@10:00 WIB | 1,351 Views

Tak hanya seperti kebanyakan APM di Indonesia yang pernah melakukan restorasi mobil tua, namun di luar negeri pun, hal ini juga sering dilakukan. Seperti pabrikan asal Jerman, Porsche, juga melakukan hal yang sama dan pernah melakukan restorasi mobil tua seperti yang dilakukan mereka beberapa hari yang lalu.

Porsche Classic, salah satu divisi perusahaan yang khusus untuk menangani hal teknis kendaraan yang tidak diproduksi lagi, baru-baru ini menyelesaikan restorasi sebuah Carrera GT. Secara teknis memang, mobil ini diperbaiki seperti standar pabrikannya, namun pemilik boleh memilih warna kendaraan sesuai keinginannya.

Pengerjaan awal pun dimulai dengan membongkar seluruh komponen. Ketika dibongkar, baut dan bantalan terlihat usang lantaran pemakaian yang sudah digunakan selama lebih dari satu dekade. Komponen ini kemudian diganti yang baru, sesuai standar pabrikan. Selain itu, perbaikan sasis serat karbon dan pengerjaan body juga dilakukan secara khusus demi mempertahankan kekhasan dari Carrera GT ini.

"Karena lapisan pada bagian serat karbon yang sudah tua cenderung menguning dan memudar, kami menghabiskan 350 jam secara manual untuk mengamplas dan merekondisi semua komponen serat karbon, termasuk monocoque," ujar Uwe Makrutzki, Manajer Porsche Classic Factory Restorations.

Setelah komponen body dan dalam diperbaiki, mobil ini lantas di cat dengan menggunakan lapisan cat Oak Green Metallic baru. Warna hijau gelap ini sudah digunakan Porsche sejak era 70-an tetapi tidak pernah digunakan di Carrera GT. Warna baru ini digabungkan dengan bagde Carrera GT beraksen emas dan kursi berwarna merah. Roda kunci tengah magnesium pabrik mobil juga telah menggunakan warna emas cerah.

Carrera GT merupakan roadster bermesin tengah yang diproduksi terbatas sebanyak 1.270 unit yang dimulai tahun 2003. Mobil ini didukung oleh mesin V-10 5.7 liter yang berasal dari mesin Formula 1 . V-10 mengirimkan tenaga 600 Hp ke roda belakang melalui gearbox manual enam kecepatan.

Setelah menyelesaikan restorasi, Porsche secara resmi menyerahkannya kepada pemiliknya dan ada sebanyak 100 pemilik Carrera GT ikut direstorasi. Porsche Classic  tidak hanya dapat merestorasi Carrera GT, namun juga mobil vintage lainnya seperti Porsche 356 dari tahun 1950-an hingga Boxster dan 996.[prm/timBX] 

Tags :

#
autonews,
#
porsche,
#
porsche classic,
#
porsche carrera gt,
#
restorasi,
#
perbaikan ulang