MENU
icon label
image label
blacklogo

Porsche 911 Off-Road Lincah Berakselerasi di Gunung Berapi Tertinggi Dunia

NOV 07, 2022@17:00 WIB | 1,031 Views

Porsche off-road, mungkin terdengar seperti diksi yang tidak berkaitan satu dengan yang lain, namun kali ini pabrikan asal Jerman membuat ide gila tersebut menjadi kenyataan. 

Porsche berhasil merombak total dua buah Porsche 911 menjadi mobil off-roader yang gahar. Sangat berbeda 180 derajat dengan 911 yang elegan dan mewah yang biasa kita lihat. 

Mobil eksperimen tersebut di uji oleh pabrikan dengan membawanya ke tempat yang sangat ekstrim, yakni di kawasan gunung berapi aktif tertinggi di dunia, Ojos Del Saledo, yang berada di Chili.

Untuk menguji kemampuan Porsche 911 off-road tersebut, pabrikan memilih seorang pembalap legendaris, Romain Dumas, untuk menjinakkan area di sekitar gunung berapi.

Duo Porsche 911 off-road tersebut sukses mencapai ketinggian 19.708 kaki (6.007 meter) dan terlihat santai melahap jalan tanah berpasir dan lincah melewati batu-batu besar di kawasan gunung berapi. 

Suhu dingin disana yang mencapai minus 22 derajat Fahrenheit (minus 30 Celcius) tidak bisa menghentikan deru mesin Porsche hasil "eksperimen" ini.

Akselerasi lincah mobil ini dibantu dengan adanya gandar portal baru, yang meningkatkan ground clearance menjadi 13,8 inci (350 milimeter) sementara klip depan dan belakang yang direvisi memberi sepasang sudut off-road yang lebih baik pada Porsche.

Lalu, terpasang satu set ban off-road lebar 12,2 inci memberi kedua mobil cengkeraman berton-ton, sementara di dalam, roll cage, kursi serat karbon, dan sabuk pengaman membantu melindungi Dumas dan timnya dalam perjalanan mereka. 

Meskipun kedua Porsche 911 ini sangat dimodifikasi untuk tugas off-road, mereka mempertahankan beberapa komponen standar pabrik, terutama powertrain

Porsche mengambil versi yang tidak dimodifikasi dari mesin flat-six 3.0 liter turbocharged dari 4S, untuk tenaga sebesar 443 tenaga kuda (330 kilowatt), dan memasangkannya ke transmisi manual tujuh kecepatan standar. 

Tentu saja, mobil tidak akan lengkap tanpa livery balap yang tepat. Satu mobil memakai skema yang sama yang ditemukan pada pembalap 963 LMDh saat ini, sementara yang lain memakai livery bertema 911 yang dirancang oleh tim Porsche. [wic/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
porsche 911,
#
off-road,
#
porsche,
#
gunung berapi aktif,
#
chile