MENU
icon label
image label
blacklogo

Porsche 911 GT3 RS Debut, Aerodinamis-nya Jadi Lebih Gokil!

AUG 18, 2022@17:00 WIB | 266 Views

Porsche akhirnya mengungkapkan 911 GT3 RS, mobil balap street legal yang mengemas berbagai fitur layaknya mobil balap track-only

Berbasis dari Porsche 911 generasi 992, GT3 RS mengambil inspirasi mobil balap Porsche yang berlaga di Le Mans, yaitu 911 RSR dan 911 GT3 R yang baru terungkap. GT3 RS hadir dengan elemen aerodinamis dan serta teknologi yang sama dengan kedua mobil balap ini.

Elemen aerodinamis terbaru ini terdiri dari dua lubang yang berada di kap mesin yang memungkinkan udara melewati radiator miring di depan sementara sayap belakang swan-neck dua bagian dikombinasikan dengan semua elemen aerodinamis lainnya menghasilkan 409 kg total downforce pada 200 km/jam. Downforce ini dua kali lebih banyak dari pendahulunya generasi 991,2.

Untuk pertama kalinya, Drag Reduce System (DRS) dipasang ke mobil produksi massal Porsche untuk mencapai drag rendah pada bagian trek lurus yang dapat diaktifkan dengan menekan tombol yang dipasang di roda kemudi. Saat pengereman, elemen sayap di bagian depan dan belakang disetel ke maksimum untuk menciptakan rem udara.

Dengan aero gubbins di sekitar wheel arch depan membantu mengarahkan udara menjauh dari mobil dengan menggunakan bukaan louvered dan sideblade.

Komponen suspensi juga telah mendapatkan treatment aerodinamis dengan double-wishbones depan berbentuk teardrop yang meningkatkan downforce sekitar 40 kg pada kecepatan tertinggi.

Berbicara tentang suspensi, GT3 RS hadir dengan shockbreaker yang dapat disetel sepenuhnya dan dapat diubah melalui mode berkendara normal, sport, dan track. Fitur seperti rebound dan kompresi di antara pengaturan lainnya dapat diubah untuk mencari waktu putaran yang sempurna.

Porsche membekali GT3 RS terbaru ini dengan mesin flat-six 4 liter N/A dapat menghasilkan output 386 kW. Dipasang ke gearbox PDK tujuh percepatan, mesin ini sanggup membawa GT3 RS berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 3,2 detik dan mencapai kecepatan tertinggi 296 km/jam.

Remnya juga sedikit lebih besar dari 911 GT3, dengan enam kaliper piston dan cakram 408 mm dipasang di depan, dan empat kaliper piston dan cakram 380mm di belakang. Porsche juga menyediakan opsi rem komposit keramik, dengan diameter cakram depan 410mm dan belakang 390mm.

Dengan semua peningjkatan ini, Porsche 911 GT3 RS terbaru ini memiliki bobot 1450 kg berkat konstruksinya yang ringan dan semua panel bodi berbahan serat karbon. [fdlh/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
porsche,
#
porsche 911 gt3 rs,
#
gt3,
#
gran turismo,
#
le mans