MENU
icon label
image label
blacklogo

SPBU Makin Tak Laku di Eropa

FEB 18, 2020@13:00 WIB | 95 Views

Ternyata hampir 1 dari 5 mobil di Bergen, kota terbesar kedua di Norwegia, kini merupakan mobil listrik. Hal ini menjadi ancaman bagi para pengusaha bahan bakar di Norwegia, bahwa sebentar lagi, negara ini akan semuanya menggunakan mobil listrik, dan bahan bakar tidak akan laku disini.

Menurut tulisan London Financial Times baru-baru ini saja, bahwa Kanada Couche-Tard, sebuah perusahaan multinasional dengan 15.000 waralabanya, menggunakan Norwegia sebagai "laboratorium" untuk mempelajari masa depan tanpa pompa bensin. Couche-Tard mengganti pompa bahan bakar di stasiun pengisiannya dengan pengisi daya EV di beberapa pom bensin Circle K di Skandinavia.

Perusahaan ini juga meluncurkan layanan pengisian daya rumah seperti powerwall dan di lokasi aktivitas tersibuk di Norwegia. Bahkan perusahaan lainnya seperti Shell, BP, dan Total kini berlaih menjadi pemain dalam pengisian kendaraan listrik.

“Semakin banyak perusahaan besar, seperti perusahaan minyak, penjualan bahan bakar, dan perusahaan global akan datang ke sini. Saya pikir itu hal yang sangat baik karena itu berarti sekarang kita mulai melihat awal dari perubahan konsumsi daya,” kata Christin Bu, sekretaris jenderal Asosiasi Kendaraan Listrik Norwegia.

Lanjutnya, Pemerintah Norwegia ingin mengakhiri penjualan mobil bertenaga bahan bakar fosil pada tahun 2025 mendatang, setidaknya kurang dari lima tahun lagi.

Boston Consulting Group merilis hasil risetnya yang mengatakan bahwa akan ada seperempat SPBU di dunia akan ditutup atau berubah menjadi pengisian EV di tahun 2035. Untuk itu lanjut BCG, selain mendirikan bisnis stasiun pengisian daya listrik, perlu juga meningkatkan pelayanan lain seperti minimarket atau tempat makan, atau pencucian mobil lantaran mengisi daya mobil listrik bisa lebih dari 30 menit.

"Dengan mobilitas listrik yang semakin maju, seluruh jajaran model bisnis baru akan muncul," kata Hakon Stiksrud, direktur senior e-mobilitas untuk bisnis pompa bensin Circle K-Tard di Eropa.[prm/timBX] foto sumber: berbagai sumber

Tags :

#
autonews,
#
norwegia,
#
eropa,
#
mobil listrik,
#
pengisian bahan bakar