MENU
icon label
image label
blacklogo

Pilih Toyota Rush atau Honda BR-V? Pilihan Sulit!

JAN 13, 2021@14:00 WIB | 169 Views

Perseteruan dua SUV terbaru akan mencari tahu SUV kompak mana yang memenangkan pertarungan antara Toyota Rush vs Honda BR-V. Simak artikel dibawah ini untuk mengetahui jawabannya!

Untuk pasar otomotif Indonesia, baik di masa lalu hingga saat ini, tampaknya menyukai kendaraan yang mampu muat untuk kebanyakan orang dan itu tidak mengherankan sama sekali karena seperti yang kita semua tahu, kita berorientasi pada keluarga. Orang yang ingin seluruh keluarganya bisa berkumpul bersama dalam satu kendaraan.

Masuki baris ketiga, di mana banyak pabrikan telah bekerja keras untuk menyesuaikan dengan MPV, SUV, dan sekarang SUV subkompak mereka. Dan memang, SUV kompak yang datang dengan baris ketiga dan bisa muat untuk tujuh orang ini hadir dengan berbagai keunggulan seperti yang sudah jelas, yang menambahkan penumpang adalah tempat duduk sambil mempertahankan ukuran yang bisa diatur.

Berikut perbandingan antara Toyota Rush 2019 dan Honda BR-V 2019

Dimensi & Eksterior

Toyota Rush vs Honda BR-V: Dimensi

Dimensi

Toyota Rush

Honda BR-V

Panjang

4,435 mm

4,453 mm

Lebar

1,695 mm

1,735 mm

Tinggi

1,705 mm

1,666 mm

Wheelbase

2,685 mm

2,662 mm

Ground Clearance

220 mm

201 mm

Meskipun tidak banyak perbedaan antara panjang Toyota Rush vs Honda BR-V, perbedaan yang signifikan antara kedua model tersebut dapat kita lihat dari tabel perbandingan di atas adalah perbedaan lebar, tinggi, dan ground clearance kendaraan. Dari perbedaan ketinggian saja, kita dapat dengan mudah mengatakan bahwa Toyota Rush akan memiliki headroom yang lebih baik terutama untuk orang yang lebih tinggi tetapi perbedaannya cukup kecil sehingga sama sekali bukan deal-breaker untuk BR-V. Honda BR-V 2019 adalah terutama yang lebih luas dan akan lebih ramah dalam hal elbowroom.

 Meski lebih pendek dari Rush, tinggi Honda BR-V akan berarti bahwa itu berpotensi menjadi kendaraan yang jauh lebih aerodinamis dan juga mungkin memiliki body roll yang lebih sedikit daripada Rush. Dalam hal ground clearance, di mana bahkan satu milimeter pun bisa menjadi penting, Rush, yang memiliki SUV seperti ground clearance 220 mm, tampil di atas dan niscaya dapat menangani jalan rusak, kecepatan dan gundukan lebih baik.

Dalam hal membandingkan fitur eksternal mereka, itu sedikit di semua tempat. Pertama, Rush memiliki dua varian yang memiliki velg dua warna 17 inci yang tampak keren sedangkan BR-V hadir dengan standar 16 inci. Kedua, Rush tidak memiliki DRL sedangkan BR-V memilikinya. Lampu depan LED Rush adalah LED multi-reflektor sedangkan yang ada di BR-V adalah lampu depan Halogen.

Seperti yang bisa Anda duga berdasarkan fitur-fitur eksterior yang disebutkan di atas, sebenarnya tidak ada pemenang yang jelas, tetapi setelah mempertimbangkan bahwa Toyota Rush sebenarnya dibangun di atas bodi yang kokoh pada rangka, banyak yang pasti akan bersandar pada pesaing Toyota. Dari segi tampilan, BR-V tidak banyak mengalami perubahan dari rilis awalnya, Toyota Rush 2019 yang lebih baru memiliki desain yang jauh lebih halus dan lebih modern.

Pemenang: Toyota Rush, hal ini berdasarkan dari ground clearance-nya yang lebih tinggi dan bodinya di atas rangka.

Mesin dan Performa

Toyota Rush vs Honda BR-V: Mesin & Performa

Honda BR-V

Toyota Rush

Mesin

SOHC i-VTEC Inline 4

DOHC Dual VVT-I Inline-4

Jumlah Silinder

4

4

Jumlah Katup

16

16

Konfigurasi Katup

SOHC

DOHC

Gear Box

Kecepatan Variabel

MT 5-Kecepatan atau AT 4-kecepatan

Tipe transmisi

CVT

MT atau AT

Jenis bahan bakar

Bensin

Bensin

Kapasitas mesin

1497 cc

1499 cc

Horse Power

118 Hp

102 Hp

Torsi

145 Nm

134 Nm

Layout

Front-wheel-drive

Rear-wheel-drive

Dengan apa yang ada di bawah kapnya, Honda BR-V didukung oleh mesin SOHC inline-4 dengan VTEC sedangkan Toyota Rush memiliki DOHC inline-4 dengan VVT-i. Berdasarkan gambar di atas, BR-V, meskipun memiliki mesin berukuran sama dengan Rush sebenarnya menghasilkan lebih banyak tenaga dan torsi sementara jauh lebih sederhana secara mekanis sebagai pengganti hanya memiliki satu overhead cam. Satu-satunya downside, untuk BR-V, adalah bahwa Honda hanya menawarkan transmisi CVT untuk model tersebut sedangkan Toyota memberi Anda manual atau otomatis.

Tentu saja hal ini memanjakan konsumen otomotif yang diberikan pilihan untuk membeli varian manual dari sebuah kendaraan. Jadi keputusan untuk ini pasti akan mendukung Toyota Rush karena sebenarnya bisa datang dengan manual dan memilik system rear wheel drive. Untuk hal ini mana yang lebih unggul menurut Blackpals?

Interior

Dalam hal ruang kargo, Rush dan BR-V sangat mirip. Kedua kendaraan ini juga sangat mirip karena dapat menyimpan kursi paling belakang untuk memperluas ruang kargo tersebut. Rush memiliki dua varian; E dan G yang hanya hadir dengan lima kursi dan meskipun itu berarti lebih banyak ruang kargo, dua varian BR-V hadir standar dengan tujuh kursi.

Sedangkan untuk perlengkapan onboard, Toyota Rush jelas berada di urutan teratas. Ini memiliki delapan speaker dibandingkan dengan BR-V yang hanya empat, ia dilengkapi dengan tombol push to start yang, tentu saja, lebih baik daripada start putar tradisional yang dimiliki BR-V, ia memiliki Weblink untuk layar sentuh tujuh inci, dan Ini memiliki automatic climate control sebagai lawan dari manual climate control BR-V dan terakhir, Rush memiliki 2 soket 12 volt sedangkan BR-V hanya mendapat satu. Bahkan roda kemudi Rush lebih baik karena sebenarnya dilapisi kulit dibandingkan dengan uretan polos BR-V.

Harga

Toyota Rush

Varian

Harga

Toyota Rush G AT

Rp 267,7 juta

Toyota Rush G MT

Rp 257,7 juta

Toyota Rush TRD Sportivo AT

Rp 279,1 juta

Toyota Rush TRD Sportivo MT

Rp 269,1 juta

Honda BR-V

Varian

Harga

Honda BR-V S 6MT

Rp 255 juta

Honda BR-V E MT

Rp 271 juta

Honda BR-V E CVT

Rp 281 juta

Honda BR-V Prestige CVT

Rp 298 juta

 Sementara perbedaan kecil dalam dimensi dan angka kinerja dapat diabaikan, perbedaan harga antara keduanya cukup jelas dengan Toyota Rush hadir dengan varian yang jauh lebih terjangkau, spesifikasi tertinggi lebih murah dari pada varian tertinggi BR-V.

Kesimpulan

Meskipun kami dapat mengatakan bahwa itu benar-benar terserah Anda pada akhirnya, Toyota Rush jauh lebih terjangkau, memiliki lebih banyak dalam hal peralatan keselamatan, memiliki varian manual dan otomatis, adalah penggerak roda belakang, dan totalnya adalah terlalu bagus untuk dilewatkan. Dan meski memang kurang bertenaga dibandingkan BR-V, konstruksi rangka bodinya dan ground clearance yang mengesankan. Perlu diingat juga bahwa artikel perbandingan ini hanya berfungsi sebagai rujukan bagi Blackpals untuk membuat kesimpulan sendiri. [ibd/timBX]

Tags :

#
toyota rush vs honda br-v,
#
toyota rush,
#
honda br-v,
#
suv