MENU
icon label
image label
blacklogo

Pilih Oli Mesin yang Tepat untuk Motor Matik

AUG 01, 2017@20:00 WIB | 736 Views

Menjamurnya kendaraan skuter matik dipasar Tanah Air membuat sebagian masyarakat awam masih bingung untuk menganti oli yang tepat untuk kendaraannya. Pasalnya setiap produsen roda dua merancang kendaraan-nya pasti mempunyai kapasitas mesin yang sudah disesuaikan.

Menurut Shofwatuzzaki, selaku B2C Lubricants Technical Manager PT Shell Indonesia, setiap pabrikan pasti punya standar oli masing-masing untuk produknya. Seperti Yamaha Indonesia dia masih menggunakan oil 10W-40 yang sudah paling encer, sedangkan Honda umumnya 10W-30, tapi ada juga yang memakai 5W-30.

“Yang mudah untuk pilih oli motor-motor matik tinggal lihat saja tulisan ‘Jaso MB’ itu buat matik. Dan ada lagi ‘Jaso MA’ dan itu buat motor yang pake kopling,” ujar Zaki di Jakarta kepada awak Media, Selasa (1/8/2017).

Zaki menambahkan, jadi jika Anda memilih oli salah dan oli itu keenceran maka yang akan terjadi pada motor Anda akan over head. Tapi jika oli Anda kekentalan maka yang akan terjadi motor Anda akan lemot performa-nya.

“Tapi tetap ikutin saja rekomendasi dari pabrikan motor Anda. Dan jgn lupa baca manual book yang dikasih oleh pihak dealer,” imbuhnya. Lebih jauh dijelaskan Zaki, kalau berbicara sepeda motor oli 20W-40 dan 20W-50 itu sudah terbilang sangat kental. Dan oli tersebut hanya bisa digunakan untuk motor kopling dan motor yang sering membawa beban berat. [ddy/timBX]

Tags :

#
oli motor matic,
#
oli,
#
oli motor,
#
pelumas oli,
#
blackauto,
#
autonews