MENU
icon label
image label
blacklogo

Pesona Baru Honda NSX 90-an di Tangan Liberty Walk

JAN 08, 2022@15:00 WIB | 237 Views

Legenda tidak dilahirkan, tetapi tercipta oleh waktu. Hal inilah yang terjadi pada Honda NSX. Ketika generasi pertama Honda NSX dikembangkan, gelar juara dunia di Formula 1 diraih Ayrton Senna yang tak terlupakan, bersama McLaren-Honda. 

Momentum tersebut seolah menandai sudah waktunya bagi Jepang untuk menunjukkan kepada pabrikan mobil sport mapan, bahwa mereka tidak hanya tahu bagaimana membuat mobil balap cepat, tetapi mereka juga dapat merancang mobil sport jalanan yang akan menakuti Ferrari atau Porsche. 

Honda menyebut proyek itu "NSX", dan model produksinya, yang diperkenalkan ke publik pada tahun 1990, masih mengesankan hingga sekarang dengan desainnya yang sangat dinamis dan tajam. Tampilannya masih timeless dan klasik serta mitos NSX masih hidup hingga saat ini. Akibatnya, harga kendaraan bekas dalam kondisi baik hanya diketahui satu arah. Lurus ke atas!

Kali ini, BlackPals kedatangan NSX generasi pertama yang mendapatkan pembaruan menawan dari Liberty Walk. Dimodifikasi untuk salah satu klien mereka yang tinggal di Thailand, tuner asal Negeri Matahari Terbit tersebut mengklaim ini adalah yang pertama dari jenisnya di Asia. 

Mobil sport klasik tersebut memiliki desain yang menggembung dan tampaknya sudah siap pakai untuk mencapai trek, tetapi kemungkinan bagian yang berminyak tetap tidak tersentuh. Kita mulai dengan flare fender depan dan belakang yang menjadi ciri proyek tuner Jepang. Ini bergabung dengan apron baru, side skirt yang lebih besar, dan diffuser empat sirip di belakang, yang telah dipasang ke bumper menggunakan baut yang lebih terlihat.

Sayap OEM dijatuhkan dan diganti dengan yang lebih besar. Begitu juga dengan velg asli yang diganti dengan satu set paduan Y-spoke, dibungkus dengan ban Kumho. Mobil ini memiliki suspensi udara, lapisan perak, dihiasi oleh stiker khas Liberty Walk, atasan hitam, dan jendela privasi.

Sekarang beralih ke mesin, NSX ini tetap perkasa. Namun, Liberty Walk biasanya tidak dikenal untuk memompa mesin ke dalam build-nya, sehingga tak perlu berharap banyak. Sebagai pengingat, NSX generasi pertama hadir dengan mesin V6 3.0 dan 3.2 liter. Tenaga 280 PS dan torsi maksimum 297 Nm pada masa itu menjadi ciri khas pesaing Porsche tersebut, yang memiliki mesin tengah yang ditempatkan di belakang dua kursi. 

Performanya tidak buruk, apalagi jika mengingat bahwa kendaraan tersebut diluncurkan pada tahun 1990. Dalam 5,7 detik ia melaju dari nol hingga 100, dan kecepatan tertingginya sangat fenomenal 270 km/jam. Ya, NSX masih memegang tempat khusus dalam sejarah otomotif dan dianggap sebagai mobil kemudi yang hebat. [yub/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
honda nsx,
#
liberty walk