MENU
icon label
image label
blacklogo

Pertamina Targetkan Pembangunan 10 SPBU di Ruas Jalur Tol Juli 2019

NOV 27, 2018@10:00 WIB | 2,284 Views

Sebelumnya Pertamina dan Jasa Marga, sebagai pengelola jalan Tol di Indonesia sepakat bekerjasama dalam menyiapkan kebutuhan BBM di sepanjang jalur tol di Indonesia. Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan oleh Direktur Pemasaran Ritel Pertamina Mas’ud Khamid dan Direktur Operasi I Jasa Marga Mohammad Sofyan, disaksikan oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani, di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (26/11).

Desi Arryani menambahkan hingga akhir tahun 2018, Jasa Marga menargetkan 984 Km jalan tol beroperasi. Dalam waktu dekat, Jalan Tol Solo-Ngawi Seksi Sragen-Ngawi sepanjang 51 Km pun siap dioperasikan.

Dengan penambahan jalan tol baru yang beroperasi, Jasa Marga telah menyiapkan PT JMP untuk mengelola tempat peristirahatan dan pelayanan (TI/ TIP) atau rest area. Salah satu poin yang menjadi fokus adalah penyediaan BBM di TI/TIP.

"Jasamarga Properti tahun ini akan membangun 25 TIP/TI di seluruh ruas tol yang dikelola Jasa Marga dan kelompok usahanya. Dimana dari 25 unit tersebut 18 unit yang dibangun merupakan rest area tipe A, dimana keberadaan SPBU menjadi salah satu indikatornya," ujar Desi.

Hingga tahun 2019, total TIP/TI yang berada di ruas jalan tol Jasa Marga mencapai 57 unit, 28 unit diantaranya dikelola oleh PT JMP. Adapun TIP/TI yang dikelola PT JMP di Pulau Jawa sebanyak 22 unit dengan rincian 15 unit merupakan tipe A sedangkan 7 unit adalah tipe B. Untuk di luar Pulau Jawa, PT JMP masing-masing mengelola 2 unit TIP tipe A di Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (Sumatera Utara), Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Kalimantan Timur) dan Jalan Tol Manado-Bitung (Sulawesi Utara).

Sebelumnya, kerjasama antara Pertamina dan Jasa Marga telah terbukti memperlancar arus mudik balik Lebaran dan Libur Nasional Tahun 2018. Penyediaan BBM dalam kemasan membantu pengguna jalan tol dalam melakukan isi ulang yang praktis.

(Rest Area km 19 tol Jakarta-Cikampek)

Sebagai BUMN yang berperan penting dalam melayani masyarakat, Jasa Marga dan Pertamina akan terus bersinergi sekaligus menciptakan peluang bisnis bersama yang dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat termasuk pada musim mudik Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru.

Pada akhir 2017 lalu, PT Pertamina Retail dan PT JMP juga telah menandatangani Nota Kesepahaman kerjasama untuk pengembangan SPBU di rest area.[prm/timBX]

Tags :

#
autonews,
#
pt pertamina (persero),
#
pt jasa marga (persero),
#
pembangunan spbu,
#
tempat peristirahatan dan pelayanan,
#
rest area,
#
pasokan bbm