MENU
icon label
image label
blacklogo

Persis Ferrari Monza SP Amerika, Inilah C8 Corvette "Competition Carbon" Speedster

OCT 13, 2020@09:00 WIB | 253 Views

Dalam kecepatan, speedster setara dengan supercar, hanya saja speedster lebih berkelas. Itu pun selama ini cuma sang top exotic carmaker yang pernah membuatnya. Karenanya perlu mengetahui hal ihwal dari C8 Corvette Speedster satu ini.

Kendati demikian untuk memahami mobil langka ini tidak diharuskan mengetahui segala hal tentang mobil. Cukup tahu bahwa C8 Corvette Speedster merupakan satu spesies yang langka. Di mana mobil ini jarang sekali muncul di jalanan. Bahkan hanya orang terkaya dunia lah yang memilikinya. Katakanlah sekelas mobil Ferrari Monza SP2 yang begitu keren hanya dimiliki oleh dua orang termasyhur yakni Zlatan Ibrahimovic dan Gordon Ramsay.

McLaren juga memiliki speedster, Elva namnya. Lamborghini pun sedang menyiapkannya yaitu Essenza SCV12. Selain itu pasti masih terngiang sosok SLR Stirling Moss yang legendaris di masanya? Mobil konsep berpelat nomor ini menorehkan jejaknya dalah sejarah motorsport yang dalam hal biaya produksinya bisa menghabiskan jutaan bahkan puluhan juta USD.

Satu hal yang mencolok, kendati tampilan eksteriornya nampak aneh namun ia dibangun di atas fondasi supercar kelas atas. Tentu dengan suara dan tenaga mesin terbaik. Pengamat otomotif dari autoevolution membayangkan si Detroit bisa membuat apa saja yang telah dilakukan oleh rekan-rekannya di Eropa dengan sebagian kecil dari harga dan mesin V8 blok kecil. Pertanyaannya mengapa bukan C8 Corvette Speedster?

Kasim Tlibekov, desainer otomotif freelance melakukan hal tersebut dengan mahakarya digitalnya. Corvette bermesin tengah ini bukan saja tak memiliki atap, bahkan menggunakan sejumlah perubahan kosmetik. Misalnya, intake udara di sisi yang lebih moncong, dek belakang disemati scoop besar, yang mengingatkan kita pada sosok Pagani Zonda Cinque.

Melihat dari—mungkin—kerumitan prosesnya, cos Chevrolet nampaknya tak akan mempertimbangkan proyek ini. Namun konsep tersebut sebenarnya bisa saja diterapkan untuk mengubah Corvette menjadi supercar mereknya sendiri. Sebab produksi C8 sudah maksimal, mereka bisa jadi juga menghasilkan model yang lebih menguntungkan.

Dari wujudnya, Corvette Speedster satu ini yang hadir tanpa lampu depan, tanpa kaca depan, dan banyak tepi tajam, nampak layaknya jebakan maut. Karena itu, nampaknya dalam penjualan perlu dilengkapi dengan jenis dokumen bertuliskan: "kami tidak bertanggung jawab jika Anda mati". [asl/timBX]

Tags :

#
c8 corvette speedster,
#
supercar,
#
ferrari monza sp amerika,
#
chevrolet