MENU
icon label
image label
blacklogo

Perkembangan Mesin Motor Makin Canggih, Federal Oil Ciptakan Inovasi Pelumas

MAR 08, 2022@16:00 WIB | 232 Views

Komitmen Support Tim MotoGP Gresini Racing, Federal Oil Perkenalkan Pelumas Berformula Baru

Komitmen Federal Oil bikin bangga Indonesia diwujudkan dengan secara konsisten mendukung kejuaraan even balap internasional selama satu dekade. Dengan mendukung tim Gresini Ducati dan pembalap Enea Bastianini yang bergabung di kelas utama MotoGP tahun lalu akhirnya berbuah podium terhormat pada even balap MotoGP pembuka di Losail Qatar pada 6 Maret 2022 lalu. 

Federal Oil menjadi brand yang cukup lama hadir di industri otomotif nasional, mencapai lebih 33 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, selama satu dekade kerjasama dengan tim Gresini cukup erat, hingga mengantarkan kembali ke kelas utama MotoGP bersama tim Gresini Ducati. Setelah sebelumnya Federal Oil Lubricant juga mendukung tim Moto2 milik Gresini tim dengan nama Indonesia Racing.

Komitmen dan konsistensi terhadap dukungan sponsor dunia balap internasional membawa hubungan spesial antara tim Gresini Racing dengan Federal Oil brand asli Indonesia. Momen positif tersebut dimanfaatkan oleh Federal Oil dibawah payung Exxon Mobil Lubricant Indonesia untuk mengeluarkan produk pelumas terbaik, dengan alasan semakin tingginya teknologi mesin yang menuntut efisiensi tinggi serta tetap ramah lingkungan.

Ada delapan varian dengan formulasi dan spesifikasi terbaru, seperti Federal Matic diperuntukkan motor bertransmisi matik dengan 5 pilihan varian yaitu Federal Matic 30, Federal Matic 40, Federal Matic Ultratec 30 dan Federal Matic Y40, serta Federal Matic Gear Oil yang diperuntukkan khusus dalam melindungi roda gigi pada motor matik. Sementara varian Ultratec dikembangkan menjadi 2 varian diperuntukkan untuk motor bertransmisi manual atau motor bebek yaitu Federal Ultratec XX dan Federal Ultratec, dan 1 varian Federal Racing yang dirancang khusus untuk motor bertransmisi manual yang memiliki performa tinggi.

Seberat apapun mobilitas motor, Federal Oil tetap merekomendasikan pergantian oli setiap 2000 km. Federal Racing dengan material full synthetic untuk motor 4 langkah, dengan viscositas 10-40W sudah dilengkapi dengan sertifikat API, SL, JASO dan MA2. Ketika pelumas lain masih berstandar SN, Federal Oil sudah satu tingkat lebih tinggi yakni SL. 

Rekam Jejak Fausto Gresini : 3 Juara Dunia dan Tim Indonesia Racing

Selain membuat formula baru pada produk Federal Oil, komitmen lain yang tidak kalah penting adalah mengedukasi para mekanik, agar mampu memberikan jenis oli yang tepat kepada customer. Pemilihan viscositas memang dibedakan untuk karakter mesin setiap motor yang berbeda. Hal ini dapat menjadi solusi bagi kendaraan bermotor. 

Sementara menurut Hasril Arsyad Federal Oil Brand General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, selain formula baru, langkah Federal Oil dengan menghadirkan desain baru yang tidak mudah untuk dipalsukan.  Pertama dengan memperbesar label pada botol, kedua dengan deskripsi produk dengan tingkat bintang tertera disetiap kemasan. Ketiga dengan hastag #Pasti Asli, #Pasti Cocok, #PastiBikinBangga Indonesia.  Federal Oil telah  dilengkapi dengan QR Code (unik code) yang tidak mudah dipalsukan, dan mudah discan melalui smartphone.

Kebanggan pelumas asli Indonesia juga disematkan pertama kali gravir pada botol dengan motif batik parang. Motif parang ini memberikan makna mendalam tentang semangat tidak pernah menyerah memperjuangkan nasib keluarga dan diklaim sebagai motif paling tua yang inline dengan brand yang sudah berumur 33 tahun di Indonesia. Inovasi lain adalah botol yang digunakan dalam kemasan Federal Oil merupakan bahan plastik yang sudah didaur ulang dan dengan kualitas yang sama bahkan lebih ringan dari sebelumnya. 

"Pertumbuhan positif pasar otomotif di akhir 2021 membuat kebutuhan pelumas makin meningkat, sementara  era pandemi kami melakukan adaptasi dan inovasi berdasarkan riset untuk kebutuhan konsumen, dengan menghadirkan produk berkualitas tinggi," tambah Patrick Adhiatmadja selaku Executive Advisor of PT FKT dan PT EML.

Dalam dunia balap, Federal Oil terus mensupport tim Gresini. Umur Federal Oil sudah 33 tahun, sementarat partisipasi support ke tim Gresini makin tahun makin besar. "Konsistensi dan support ke tim Gresini dapat memacu performa dari tim, dan menghasilkan podium selanjutnya," tutup Patrick. [Ahs/timBX]
 

Tags :

#
federal oil,
#
gresini ducati,
#
pelumas motor matic