MENU
icon label
image label
blacklogo

Perjalanan Skoda Octavia WRC dalam Reli Dunia

NOV 30, 2021@16:30 WIB | 127 Views

Pada tahun 1996, SKODA menghadirkan generasi pertama Octavia yang modern. Keberadaannya adalah langkah penting setelah kemunculan Felicia di tahun 1994, yang kemudian mencatatkan nama sebagai salah satu yang terlaris hari ini. Dengan Octavia WRC, SKODA juga menggarisbawahi ambisinya yang tinggi dengan Octavia dalam reli internasional.

Octavia WRC generasi pertama dari SKODA datang pada tahun 1996. Adapun keputusan Federation International Automotive (FIA) memperkenalkan kategori World Rally Cup (WRC) keluar di tahun 1997. Ini adalah sebuah kebetulan yang manis.

Sebetulnya cukup apabila mobil balap didasarkan pada model yang diproduksi secara massal. Namun tim SKODA Motorsport memilih jalur peningkatan penuh tantangan saat mempersiapkan Octavia WRC. Mereka mengembangkan SKODA Octavia Kit Car dengan penggerak roda depan yang menghasilkan modifikasi model kompak baru dan menggunakan komponen berkualitas tinggi.

Dalam perakitannya, Octavia WRC ditenagai mesin dua liter supercharged dengan teknologi lima katup. Ini menghasilkan 300 tenaga kuda dan torsi awal 500 Nm yang kemudian mampu mencapai 600 Nm. Berat kosong mobil adalah 1.230 kg dan angka ini sesuai dengan nilai minimum yang ditetapkan peraturan. Octavia WRC pun disebut sebagai mobil balap paling dinamis dalam sejarah Motorsport SKODA hingga saat ini. 

Untuk membawa Octavia mencatatkan performa terbaik maka ia harus berada di tangan pengemudi yang tepat. Untuk itu SKODA memiliki pembalap Jerman berpengalaman, Armin Schwarz, yang dianggap sebagai pembalap penguji terbaik di kancah reli saat itu. Pengalaman dan intuisinya terbukti sangat penting dalam mendirikan Octavia WRC. Pembalap lainnya yang turut berperan dalam pengembangan Octavia WRC juga termasuk Pavel Sibera dan Emil Triner.

SKODA Octavia WRC memulai debutnya pada musim 1999 di Reli Monte Carlo yang legendaris. Pabrikan mobil menggunakan musim pertama khususnya untuk lebih menyesuaikan pengaturan kendaraan dan mendapat pengalaman awal. Pada balapan terakhir musim tersebut, Octavia dalam reli RAC Inggris hampir naik podium di tangan Bruno Thiry dan finis keempat di klasemen keseluruhan. Hanya dalam satu musim saja, Octavia WRC berkembang dari pendatang baru di lapangan menjadi penantang kompetitif.

SKODA Octavia WRC memiliki tempat yang kuat di sejarah SKODA Motorsport dan andil besar dalam membangun citra merek. Selama bertahun-tahun, para pembalap dari kalangan elit reli internasional telah mengendarai SKODA Octavia WRC. Termasuk Luis Climent, Roman Kresta, Toni Gardemeister, Gabriel Pozzo, Kenneth Eriksson, Matthias Kahle dan Stig Blomqvist. Pabrikan pun masih terus berkembang dengan memproduksi mobil lainnya di segmen WRC, sebagai kelas tertinggi reli. [yub/shf/timBX]

Tags :

#
skoda octavia,
#
wrc,
#
skoda