MENU
icon label
image label
blacklogo

Perjalanan 120 Tahun Mercedes - Dari Brand Mobil Premium Menjadi Holistic Luxury Brand (Part 3-Ending)

MAY 03, 2020@11:00 WIB | 163 Views

Menciptakan Segmen Pasar Baru Dengan Kreativitas Konsep

Dengan strategi desain ini, Mercedes-Benz telah berhasil mengembangkan konsep-konsep baru dan juga membuka segmen pasar yang sama sekali baru. Pada tahun 1977, model Estate memulai debutnya sebagai mobil station wagon lifetyle pertama yang menyandang slogan "Pariwisata dan Transportasi". 1979 adalah tahun kelahiran kendaraan off-road klasik G-Class, yang menjadi legenda sejak awal dan terus memikat konsumen setelah lebih dari 40 tahun. Model kompak Mercedes-Benz 190, diperkenalkan pada tahun 1982, menjadi dasar bagi C-Class yang ada sekarang ini, yang sejak saat itu telah menjadi seri terlaris dengan empat varian model. Setelah itu, pada tahun 1997, M-Class sebagai SUV premium pertama di dunia.

Pada tahun 2004, CLS membuka segmen pasar baru sebagai coupé empat pintu pertama. Untuk pertama kalinya, model ini menggabungkan keanggunan dan kedinamisan sebuah coupé dengan kenyamanan dan fungsi sebuah sedan. Sambutan konsume ketika itu sangat positif, dan para pesaing pun kagum.

Era Desain Sebaru Sensual Purity

Dengan A-Class yang sepenuhnya baru dikembangkan pada 2012, Mercedes-Benz mendefinisikan ulang segmen kompak dan bergeser menuju era desain baru Sensual Purity. Setelah dipromosikan pada tahun 2008, gaya desain baru dan progresif yang dikembangkan oleh Chief Designer Gorden Wagener dan timnya ini bertujuan untuk menciptakan bentuk yang jelas dan permukaan sensual yang menampilkan teknologi tinggi tapi juga membangkitkan emosi. Desain ini mengekspresikan dualisme kecerdasan dan emosi, yang juga diaplikasikan pada interior. Fokus utamanya adalah pada keseimbangan antara pengerjaan tradisional dan teknologi tinggi. Seiring dengan perkembangan digital, desainer Mercedes-Benz UX menciptakan ruang hidup yang menghubungkan orang, kendaraan, rumah, dan tempat kerja.

"Dengan desain kami, kami menunjukkan bahwa adalah mungkin untuk menginspirasi dengan ide-ide avant-garde dan tetap setia pada semangat brand yang sudah berusia lebih dari 120 tahun. Kami telah mengubah kemewahan lama Mercedes-Benz menjadi kemewahan modern, menafsirkan kembali merek dengan bintang dan membuatnya menarik, nyata, dan, yang paling penting, diinginkan oleh konsumen muda juga," kata Gorden Wagener.

Avant Garde Electro Aesthetics Masa Depan

Masa depan desain Mercedes-Benz akan semakin progresif dan avant-garde. Hal ini tampak pada model listrik pertama dari produk dan brand teknologi EQ baru. EQC (kombinasi konsumsi daya: 20,8-19,7 kWh / 100 km; emisi CO2 gabungan: 0 g / km) memiliki banyak detail desain perintis dan aksen warna khas brand. Lampu depan dan asupan udara sangat mencolok dan menyatu menjadi estetika elektro panel-hitam.

Bahkan pada interior berkualitas tinggi, Mercedes adalah pelopor elektro estetika avantgarde di antara kendaraan listrik. Desain interior terinspirasi oleh dunia elektronik konsumen. Sebagai contoh, finned collar yang tersedia pada panel instrumen mengingatkan pada cooling fin dari amplifier hi-fi. EQC mewujudkan desain kemewahan progresif, luar dalam.

Perjalanan Menuju Holistic Luxury Brand

Baik dari aspek kendaraan, jenis huruf, atau showroom, filosofi desain Sensual Purity menyentuh semua aspek brand dan telah jauh melampaui itu. Sejak 2010, desainer Mercedes-Benz juga telah bekerja dengan mitra terpilih di bawah label Mercedes-Benz Style untuk merancang berbagai produk di luar mobil.

(Interior Helikopter H145 Airbus yang interiornya di desain Mercedes-Benz)

Contohnya seperti interior helikopter Airbus eksklusif "Helicopter H145," kapal mewah "ARROW460 - Granturismo" dan pendant light lampu gantung yang futuristik "Ameluna" oleh Artemide. Produk-produk ini menampilkan desain progresif yang nyata ke dunia produk dan area kehidupan lainnya, seperti mobilitas, gaya hidup, dan desain interior. Mercedes-Benz berkembang dari sebuah brand otomotif premium menjadi holistic luxury brand.

“Vision Mercedes Simplex” – Simbol Transformasi Kemewahan

Dengan "Vision Mercedes Simplex", para desainer telah memvisualisasikan asal dan masa depan brand mewah Mercedes-Benz dengan cara yang menarik pada tahun 2019. Hal ini melambangkan transisi ke era baru desain dan teknologi, dan pada saat yang sama juga merupakan penghormatan terhadap warisan sejarah dan kelahiran brand Mercedes-Benz. "Vision Mercedes Simplex" membawa semangat perintis dan fitur desain saat itu hingga abad ke-21. 

“Hanya brand sekuat Mercedes-Benz yang dapat berhasil dalam simbiosis fisik sejarah dan masa depan. 'Vision Mercedes Simplex' melambangkan transformasi kemewahan khusus merek Mercedes-Benz," kata Gorden Wagener.

Merek Mobil Mewah Paling Bernilai Di Dunia

Berkat prestasi panjangnya, Mercedes-Benz telah mampu untuk terus meningkatkan nilai mereknya. Sejak 2016, merek dengan bintang-sudut-tiga ini secara konsisten menjadi merek mobil mewah paling bernilai di dunia dan merupakan satu-satunya merek Eropa yang masuk peringkat 10 teratas "Best Global Brands 2019", pilihan perusahaan konsultan brand ternama AS, Interbrand.

"Bagi saya, merupakan tugas utama untuk mengembangkan brand seperti Mercedes-Benz dari brand seorang ayah yang disegani menjadi brand yang disegani dan dicintai untuk semua generasi. Mercedes-Benz, dulu dan sekarang, merupakan brand yang membangkitkan emosi dan memberikan pengalaman holistik bagi konsumen. Tujuan kami adalah untuk melekatkan brand ini di hati masyarakat selama 120 tahun ke depan," kata Bettina Fetzer, Kepala Pemasaran Mercedes-Benz AG.[prm/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
autonews,
#
mercedes,
#
benz,
#
daimler,
#
mercedes-benz,
#
sejarah,
#
premium car