MENU
icon label
image label
blacklogo

Peretasan Mobil Diprediksi Bakal Sering Terjadi di Masa Depan

DEC 23, 2020@21:00 WIB | 252 Views

Dalam beberapa dekade terakhir ini, teknologi yang ditemukan pada peralatan konsumen telah berkembang dengan sangat cepat sehingga mobil tertinggal. Dan Anda masih dapat membeli Lexus SC 430 dengan pemutar kaset hingga 2010, ketika daya komputasi smartphone sudah lebih baik daripada PC rata-rata dari awal 2000-an.

Menyadari kesalahan cara mereka, beberapa pembuat mobil sejak itu mulai tidak hanya mengejar tetapi juga mencoba dan kembali ke depan, melewati beberapa langkah di antaranya. Meskipun sepuluh tahun yang lalu Anda hanya dapat menemukan sistem pengereman otomatis di beberapa model termahal di pasaran, saat ini Anda bahkan dapat membeli Volkswagen Golf untuk parkir paralel sendiri. Namun bahasan kali ini bukan tentang fitur parkir mandiri yang dimiliki banyak mobil saat ini, tetapi lebih ke semua teknologi yang belakangan ini mulai mengambil alih mobil secara umum. Semakin banyak mobil saat ini menjadi sangat canggih sehingga tidak lagi menyerupai mobil biasa, tetapi alat transportasi futuristik yang mungkin membuat kita berpikir untuk bisa mengembalikan beberapa fitur analog yang dimiliki mobil lama.

Hal-hal seperti sambungan yang kaku antara roda kemudi atau pedal ke roda mungkin akan menjadi tempat yang baik untuk memulai, karena drive-by-wire belum tentu merupakan jenis teknologi yang paling dapat diandalkan.Tidak peduli bagaimana rasanya mengendarai mobil, yang datang berkat pedal dan roda kemudi yang tidak langsung terhubung ke roda, tetapi benar-benar situasi berbahaya yang muncul dari hal ini.

Mobil yang terhubung ke Internet adalah hal yang indah pada pandangan pertama, karena secara teori, hal itu memungkinkan kenyamanan dan keselamatan berkendara yang lebih besar berkat radio satelit online dan dalam beberapa kasus, bahkan pembaruan nirkabel ke sistem onboard kendaraan. Di sisi lain, karena ini juga berhubungan dengan sistem drive-by-wire yang saya sebutkan di atas, itu juga dapat memungkinkan memberi peluang penjahat untuk mengacaukan mobil Anda bahkan tanpa berada di distrik yang sama dengan Anda. Dengan kata lain, kemajuan teknologi jaringan pada kendaraan, terutama mobil nantinya bakal dibarengi kemungkinan terjadinya tindakan kejahatan, yakni peretasan mobil.

Kemunculan kasus peretasan mobil itu akan semakin nyata, dan kita tidak jauh dari memasuki era di mana mobil mana pun akan dapat dikendalikan dari jauh hanya menggunakan laptop yang terhubung ke Internet. Apakah itu pemikiran yang menakutkan? Apakah kita sudah sampai di era itu? Mungkin masih belum, tetapi sudah ada sejumlah Jeep dan Dodges yang dapat dicuri hanya dengan laptop. Contoh, Charlie Miller dan Chris Valasek yang telah menunjukkan kepada semua orang bahwa mereka dapat mengendalikan kemudi dan rem mobil Ford, Toyota atau Jeep hanya dengan menggunakan laptop, jadi kami tahu bahwa banyak mobil modern yang sudah dapat diretas hingga bisa dicuri atau diapa-apain dari jarak jauh.

Pada awal 2014, konferensi keamanan Black Hat di Las Vegas mengungkap kebenaran yang suram, ada ratusan mobil dari lusinan pembuat mobil yang berpotensi diretas, dan tidak semuanya membutuhkan koneksi internet. Beberapa bahkan dapat diretas melalui radio, Bluetooth onboard, entri tanpa kunci atau koneksi jaringan seluler. Tentu saja, (semoga) belum ada penjahat mirip Bond dengan pengetahuan dan kemungkinan meretas mobil apa pun dari jalan, tetapi jika ada, jutaan mobil dapat terpengaruh.

Anda harus bertanya pada diri sendiri, apa yang lebih murah untuk pembuat mobil dalam waktu dekat? Mendesain ulang mobil mereka agar lebih analog, memasukkan lebih banyak keamanan dalam sistem onboard mereka atau hanya menunggu serangan peretasan skala besar dan kemudian menangani konsekuensinya? Kami berani bertaruh bahwa tidak ada eksekutif otomotif dengan bayaran tinggi yang serius memikirkan hal ini dalam jangka panjang, tetapi masa depan hampir tiba, dan mereka harus bertindak cepat. Itulah prediksi tentang kemngkinan peretasan mobil yang akan terjadi dan yang bisa kita lakukan hanyalah membiarkan beberapa analog itu masuk kembali ke mobil kita atau bersiap untuk era terburuk kepemilikan mobil ini. [inn/asl/timBX]

Tags :

#
peretasan mobil,
#
lexus sc 430,
#
teknologi keamanan mobil