MENU
icon label
image label
blacklogo

Perbandingan Toyota Fortuner vs Isuzu mu-X, Pilih Mana?

FEB 10, 2021@15:00 WIB | 358 Views

Pasar SUV 7 tempat duduk dewasa dibuat khusus untuk pasar Indonesia, seperti Toyota Fortuner telah mendominasi pasar dalam waktu yang cukup lama, dengan tantangan kecil dari Ford Endeavour di masa lalu. Sementara Ford telah meningkatkan taruhannya dan mengubah permainan menjadi menguntungkannya, ini adalah diskusi yang dicadangkan untuk waktu lain. Untuk saat ini, redaksi akan membahas persaingan antara All New Fortuner dan Isuzu mu-X.

Toyota telah memberikan pembaruan yang sangat dibutuhkan pada SUV Fortunernya dengan kabin baru, daftar fitur tambahan, dan desain baru. Tantangan berat Fortuner adalah Isuzu merek Jepang berusia 100 tahun, dengan mu-X. Betapa bagusnya jika dibandingkan dengan pemimpin segmen, pada ulasan perbandingan Toyota Fortuner vs Isuzu mu-X dibawah ini:

Toyota Fortuner baru tidak seperti model generasi sebelumnya yang telah lama mendominasi pasar SUV. Namun tetap mempertahankan sesuatu yang tidak dimiliki Isuzu mu-X. Toyota Fortuner baru hadir dengan tampilan depan yang benar-benar baru, dengan banyak perawatan krom di seluruh wajahnya, termasuk penutup foglamp dan grill besar. Lampu depannya lebih tajam, begitu pula lampu belakangnya. Sisi berlekuk roda persegi berotot dan roda tebal. Secara keseluruhan, Fortuner baru lebih tajam, dan mendominasi dibandingkan model sebelumnya, serta Isuzu mu-X.

Sedangkan Isuzu mu-X, adalah SUV mu-7 yang diperbarui, namun dengan desain yang dirombak. Layaknya Fortuner, juga banyak mendapat perawatan krom, terutama pada bagian depan dengan grill krom yang besar. Tampilan keseluruhan terinspirasi dari truk pick-up D-Max V-Cross perusahaan dan juga dari Chevrolet Trailblazer. Bagian belakang membungkus lampu belakang. Secara keseluruhan, Isuzu mu-X tidak seintimidasi Fortuner, namun memiliki keunggulan tersendiri sebagai SUV yang berpenampilan lebih seimbang.

Kabin

Masuk ke dalam kabin Toyota Fortuner dan Anda akan disambut oleh ruang yang modern dan penuh fitur. Kabin bertema gelap mendapat kulit kecoklatan di jok, kulit hitam lembut dengan sentuhan kulit di dashboard dan aluminum brush accents di konsol tengah, kemudi dan door insert.

Kabinnya tidak seperti Fortuner gen sebelumnya dan juga terlalu sarat jika dibandingkan dengan Isuzu mu-X. Anda mendapatkan sistem infotainment layar sentuh, automatic climate control, steering mounted controls, dan banyak ruang penyimpanan, bersama dengan 3 baris tempat duduk penuh. Dari segi keamanan, Fortuner mengalahkan mu-X karena mendapat 7-airbag, hill assist control, ABS, dan kontrol keselamatan kendaraan.

Isuzu mu-X, di sisi lain, memiliki fitur yang lebih sedikit daripada Fortuner dan tidak terasa mewah juga. Kulit beige pada jok memberi kesan lapang pada mu-X, sementara dasbor abu-abu dan aksen hitam piano kontras pada keseluruhan pengaturan. Ia mendapat layar infotainment layar sentuh 7”, yang tidak sebaik yang ada di Fortuner. Terdapat automatic climate control yang berputar, dan layar DVD 10 "untuk penumpang belakang, yang merupakan sentuhan yang bagus, bersama dengan kontrol yang dipasang di kemudi. Mu-X juga mendapat 3 baris tempat duduk penuh, dengan mudah menampung 7 orang dewasa. Secara keseluruhan, jika Anda adalah seseorang yang gila gadget dan menyukai kabin mewah, mu-x mungkin tidak sesuai dengan keinginan Anda.

Mesin

Toyota Fortuner mendapatkan dua unit mesin yakni diesel 2,8 liter dengan output 177 PS dan 420 Nm serta mesin bensin 2,7 liter dengan output 166 PS dan 245 Nm. Ada 3 pilihan gearbox untuk dipilih - manual 5 kecepatan, manual 6 kecepatan dan otomatis 6 kecepatan. Fortuner diesel adalah salah satu SUV paling ramah dan itu terlihat jelas dari performanya di jalan raya. Daya tekan cukup untuk mengungguli mobil mana pun saat lalu lintas. Unit dieselnya juga yang mendapat sistem penggerak 4 roda untuk off-road. Tapi tanpa 4WD juga, Fortuner adalah off-roader yang kompeten dengan kemampuan untuk berlari di permukaan apa pun tanpa banyak kesulitan. Kemudinya lebih berat dan membutuhkan banyak tenaga, sementara joknya cukup nyaman untuk jalanan rusak.

Sedangkan Isuzu mu-X hanya dibekali mesin 3 liter turbocharged dengan output 177 PS dan torsi 380 Nm. Di atas kertas, torsinya sedikit lebih sedikit dibandingkan Fortuner, dan dilengkapi dengan gearbox otomatis 5 kecepatan. Mesin mengeluarkan banyak suara saat berakselerasi dengan keras dan cara terbaik untuk menikmati mobil ini adalah dengan kecepatan jelajah. Kemudinya ringan dan membuatnya terasa seperti SUV kompak. Kualitas berkendaranya juga lebih lembut dan membantu mu-X mendapatkan pengalaman berkendaran yang mewah.

Kesimpulan

Seperti yang ditunjukkan sebelumnya, Toyota Fortuner selalu menjadi cikal bakal SUV. Dengan adanya Fortuner baru di dalam kota, Toyota menjanjikan fitur-fitur yang lebih baik, keamanan, kabin dan eksterior yang sporty. Namun, itu dengan harga berkisar antara Rp527,6 juta hingga Rp558,4 juta mungkin tidak menyenangkan bagi beberapa pembeli. Hadirlah Isuzu mu-X yang merupakan alternatif yang terjangkau untuk Fortuner, dengan harga eceran berkisar mulai dari Rp490 juta menjadi harga yang lebih murah yang berarti perlengkapan yang lebih sedikit, hanya 1 pilihan mesin dan eksterior yang tidak begitu menarik. Namun, pada akhirnya, semuanya bermuara pada argumen harga vs kebutuhan! [ibd/timBX]

Tags :

#
toyota fortuner vs isuzu mu-x,
#
toyota fortuner,
#
isuzu mu-x,
#
suv